PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA

Main Author: Yevi Dwitayanti, Rosy Armaini dan Kartika Rachmasari
Format: Article Journal
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://zenodo.org/record/3839945
Daftar Isi:
  • Konsep Corporate Social Responsibility (CSR) mulai berkembang di ekonomi syariah. Hal ini terbukti semakin banyak perusahaan-perusahaan yang menerapkan prinsip-prinsip syariah di setiap kegiatan bisnisnya yang diharapkan perusahaan tersebut dapat melakukan tanggung jawab sosial perusahaan secara islami. Terkait dengan adanya kebutuhan mengenai pengungkapan tanggung jawab sosial di perbankan syariah, saat ini marak diperbincangkan mengenai Islamic Social Reporting (ISR). Islamic Social Reporting (ISR) diyakini dapat menjadi langkah awal dalam hal standar pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) yang sesuai dengan perspektif Islam. Sebagai bank syariah pertama di Indonesia, sudah selayaknya PT. Bank Muamalat Indonesia dalam menjalankan fungsi sosialnya juga harus melakukan pengungkapan sosial dalam menyusun laporan keuangannya. Penelitian ini penting untuk dilakukan dalam upaya membuktikan secara empiris pengaruh ukuran perusahaan (size) terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Sampel yang akan digunakan dalam penelitian adalah PT. Bank Muamalat Indonesia dengan periode pengamatan tahun 2013- 2016. Alat analisis yang akan digunakan adalah analisis Regresi Linier Sederhana dengan menggunakan program SPSS (Statistical Package for Social Science) Versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan (size) berpengaruh terhadap Islamic Social Reporting (ISR) pada PT. Bank Muamalat Indonesia.