SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD NEGERI 1 SELANBAWAK

Main Author: I Made Senayasa
Format: Article
Terbitan: , 2020
Online Access: https://zenodo.org/record/3756945
Daftar Isi:
  • Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah, yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Selanbawak, Kec Marga, Tahun 2019, dengan judul “Pelaksanaan Supervisi Edukatif Kolaboratif secara Periodik Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 1 Selanbawak Tahun pelajaran 2019/2020. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk : a. mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam melaksanakan pembelajaran, b. mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam menilai prestasi belajar, c. mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa. d. mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam menyusun rencana pembelajaran. Hasil penelitian tindakan sekolah adalah: 1. Penentuan perencanaan pada siklus I adalah 66.33%, pada Siklus II 85.44%, 2. Hasil Melaksanakan Pembelajaran Tindakan Siklus I adalah 72.36% tindakan siklus II adalah 95.27 %, 3. Hasil Menilai Prestasi Belajar Siklus I adalah 81,66% dan siklus II 92.27 %, dan 4. Hasil Melaksanakan Tindak Lanjut Hasil Penilaian Siklus I adalah 64.80% dan pada siklus II 87.00 %. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari setiap siklusnya Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah, yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Selanbawak, Kec Marga, Tahun 2019, dengan judul “Pelaksanaan Supervisi Edukatif Kolaboratif secara Periodik Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 1 Selanbawak Tahun pelajaran 2019/2020. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk : a. mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam melaksanakan pembelajaran, b. mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam menilai prestasi belajar, c. mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa. d. mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam menyusun rencana pembelajaran. Hasil penelitian tindakan sekolah adalah: 1. Penentuan perencanaan pada siklus I adalah 66.33%, pada Siklus II 85.44%, 2. Hasil Melaksanakan Pembelajaran Tindakan Siklus I adalah 72.36% tindakan siklus II adalah 95.27 %, 3. Hasil Menilai Prestasi Belajar Siklus I adalah 81,66% dan siklus II 92.27 %, dan 4. Hasil Melaksanakan Tindak Lanjut Hasil Penilaian Siklus I adalah 64.80% dan pada siklus II 87.00 %. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari setiap siklusnya. Dapat disimpulkan bahwa Supervisi Edukatif Kolaboratif secara Periodik dapat meningkatkan Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri l Selanbawak tahun pelajaran 2019/2020.Dapat disimpulkan bahwa Supervisi Edukatif Kolaboratif secara Periodik dapat meningkatkan Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri l Selanbawak tahun pelajaran 2019/2020.