IMPLEMENTASI DESAIN BAHAN AJAR PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL BERBASIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DENGAN TEORI BELAJAR BRUNER

Main Authors: Tussa'diyah, Rahmania, Praja, Ena Suhena, Maharani, Anggita
Format: Proceeding Journal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://zenodo.org/record/3657203
Daftar Isi:
  • Abstrak penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mata pelajaran matematika disekolah, rendahnya kemampuan representasi matematis dan pembelajaran yang masih terpusat pada guru. Untuk menyiasati hal tersebut diperlukan media pembelajaran salah satunya bahan ajar matematika. Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis untuk mempermudah pembelajaran yang diperlukan siswa dan guru untuk mencapai kompetensi dasar yang terdapat dalam kurikulum 2013. Teori belajar yang sesuai dengan permasalahan tersebut adalah teori Bruner. Fungsi teori belajar sebagai perantara antara tahapan belajar dengan bahan ajar yang dibuat. Tujuan ini tidak lain untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis seperti yang terdapat dalam materi persamaan linear satu variabel. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena hasil dari penelitian ini akan diinterpretasikan sebagai hasil penerapan bahan ajar berupa modul yang telah dibuat secara keseluruhan mulai dari proses pembuatan hingga temuan dari hasil implementasi. Berdasarkan hasil penelitian bahan ajar materi persamaan linear satu variabel ini valid dengan persentase 87,96% serta validasi audience sebesar 97,84%. Kedua persentase tersebut terletak pada tingkat validasi sangat valid dan dapat digunakan di sekolah. Setelah implementasi bahan ajar didapat hasil bahwa kemampuan representasi matematis siswa menjadi lebih baik.