PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI SISTEM REPRODUKAI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 BONGAS
Main Authors: | Melinda, Gita, Luzyawati, Lesy, Hamidah, Idah |
---|---|
Format: | Proceeding Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://zenodo.org/record/3655610 |
Daftar Isi:
- Abstrak Kemandirian belajar di SMA Negeri 1 Bongas siswa belum sepenuhnya memiliki sifat kemandiran belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat memunculkan sifat kemandirian siswa adalah group investigation (GI) . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation (GI) pada materi sistem reproduksi terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bongas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian True Eksperimental Design dengan jenis penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bongas dengan sampel dua kelas yaitu kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 27 siswa sebagi kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi (Peeerassesment), tes essay dan angket. Hasil analisis data uji kesamaan dua rata-rata (Uji t 2 sampel) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 4,92 dan ttabel = 2.00. Karena thitung > ttabel, maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation (GI) pada materi sistem reproduksi terhadap kemandirian belajar siswa.