PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA RINGAN PADA MATERI PERKALIAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMON
Main Authors: | Mellawaty, Mellawaty, Aisyah, Lusi Siti |
---|---|
Format: | Proceeding Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://zenodo.org/record/3648151 |
Daftar Isi:
- Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tunagrahita ringan materi perkalian, melalui penggunaan media pembelajaran KOMON “Kotak Montessori” di SLB Negeri II Indramayu. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian dari Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian yaitu siswa tunagrahita ringan kelas VIII di SLB Negeri II Indramayu. Pengambilan data menggunakan tes tertulis dan observasi. Pengolahan data menggunakan deskriptif kuantitatif, menggambarkan skor perolehan dari tes pra-siklus sampai siklus II. Hasil peningkatan ditunjukkan dengan siswa mampu mencapai skor kriteria keberhasilan minimal. Skor minimal yang ditetapkan adalah 65. Siswa telah mencapai nilai minimal pada siklus ke II dengan perolehan nilai sebesar 74,7. Siswa mengalami peningkatan hasil belajar berhitung perkalian setelah menggunakan media pembelajaran KOMON “Kotak Montessori”. Nilai yang diperoleh siswa pada pra-siklus sebesar 49, setelah menggunakan media meningkat 17,5% pada siklus I dengan nilai 57,6. Kemudian pada siklus II meningkat sebesar 52,5% dari nilai pra-siklus dengan nilai 74,7. Penelitian dinyatakan berhasil dan berakhir pada siklus II. Media pembelajaran KOMON “Kotak Montessori”memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa tunagrahita ringan kelas VIII SLB Negeri II Indramayu.