PENERAPAN SUPERVISI KLINIS OLEH KEPALA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SEKOLAH DASAR INPRES TARAWAJA SEMESTER GANJIL TAHUN 2018/2019
Main Author: | Bupu, Petronela |
---|---|
Format: | Article Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://zenodo.org/record/3594354 |
Daftar Isi:
- Abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif di SDI Tarawaja, Kecamatan Soa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah. Kegiatan dalam penelitian ini terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Tempat penelitian di SDI Tarawaja, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada. Subyek dalam penelitian ini adalah guru-guru di SDI Tarawaja yang berjumlah 8 orang, yang terdiri dari 6 orang guru kelas dan 2 orang guru mata pelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan metode obeservasi kelas. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif. Data kuantitatif yang diperoleh dideskripsikan dalam bentuk kata-kata atau penjelasan. Selanjutnya dilakukan komparasi data untuk memastikan ada tidaknya peningkatan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran di Kelas. Hasil penelitian diketahui pada kondisi awal nilai supervise klinis kepala sekolah dalam kegiatan pembelajaran diperoleh rata-rata 69,81, pada Siklus I mengalami peningkatan dengan rata–rata peroleh nilai pada supervise klinis sebesar 76,92 mengalami peningkatan sebesar 7,11. Pada siklus II nilai supervise klinis diperoleh rata–rata 83,08. Mengalami peningkatan dari siklus I ke Siklus II sebesar 6, 16. Dari data ini berarti terjadi peningkatan nilai supervise klinis kepala sekolah dalam kegiatan pembelajaran dari kondisi awal hingga akhir siklus II sebesar 13, 93%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan Supervisi Klinis Oleh Kepala Sekolah dapat Meningkatkan Kemampuan Guru Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif di Sekolah Dasar Inpres Tarawaja semester Ganjil Tahun 2018/2019 Kata kunci: Supervisi Klinis, Kemampuan Guru, Model Pembelajaran Kooperatif Abstract This study aims to improve the ability of the teachers in using the cooperative learning models at elementary school of Tarawaja, Soa District. The type of this research is Action research. The activities in this study consisted of the stages of planning, action, observation, and reflection. This research has been conducted in two cycles. Research site at Tarawaja elementary school, Soa District, Ngada Regency. The subjects of this research were 8 teachers at Tarawaja elementary school, consisting of 6 class teachers and 2 subject teachers. The data collection method used the class observation method. The data Analysis is a comparative descriptive analysis technique. The quantitative data was obtained the described in the form of words or explanations. Then the data is compared to ensure there is an increasing in teacher performance in the implementation of learning in the classroom or nothing. The results of this research are known to the initial condition of the clinical supervision value of the principal in learning activities obtained an average of 69.81, in Cycle I has increased with an average score on clinical supervision of 76.92 has increased by 7.11. In cycle II clinical supervision values obtained an average of 83.08. There is an increasing from cycle I to cycle II of 6, 16. From this data means an increase in the value of clinical supervision of school principals in learning activities from the initial condition to the end of the second cycle of 13, 93%. It can be concluded that the Implementation of Clinical Supervision by the school head master could be Improved the Teacher's Ability in using the Cooperative Learning Model in Tarawaja Elementary School in the Odd Semesters of 2018/2019 Keywords: Clinical Supervision, Teacher Ability, Cooperative Learning Model