PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
Main Authors: | Prima Wulandari, Ridho Bayu Yefterson |
---|---|
Format: | Article |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://zenodo.org/record/3364066 |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini yaitu: 1) proses pembelajaran sejarah yang hanya terfokus pada penjelasan guru, 2) model pembelajaran yang tidak bervariasi, 3) kurangnya minat peserta didik dalam menulis, 4) kurangnya aktivitas belajar peserta didik. penelitian ini bertujuan untuk melihat penggunaan model cooperative learning tipe Think talk write (TTW) meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dalm pembelajaran sejarah Indonesia di kelas XI IPS 2 SMAN 7 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model spiral Kemmis dan Traggart yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan artinya penelitian ini berlangsung selama 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 di SMAN 7 Padang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis persentase dan diberi pemaknaan dalam setiap peningkatan aktivitas belajar peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah model cooperative learning tipe think talk write dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. aktivitas belajar peserta didik meningkat dari 34,48% pada observasi awal menjadi 57,73% pada siklus I dan 80,85% pada siklus ke II. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis penelitian ini berhasil dibuktikan.