PENINGKATAN MINAT BELAJAR SEJARAH (PADA MATERI JENIS PERISTIWA) MENGGUNAKAN APLIKASI "PREZI" DI KELAS XI SMA
Main Authors: | Chairul Wahyudi, Zafri Zafri, Ofianto Ofianto |
---|---|
Format: | Article |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://zenodo.org/record/3245343 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan menggunakan model siklus yang terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II sebanyak 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 3 Padang semester Januari – Juli 2018 yang berjumlah 33 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar obervasi yang berbentuk daftar tally yang memuat indikator minat. Hasil penelitian terhadap minat siswa dalam proses pembelajaran sejarah diolah menggunakan rumus persentase P=(F/N)X100%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan minat belajar sejarah siswa dengan menggunakan aplikasi Prezi dalam pembelajaran sejarah yang dibuktikan dengan meningkatnya 14 (empat belas) indikator minat belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media aplikasi Prezi dapat meningkatkan minat belajar sejarah siswa Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 3 Padang.