PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR DI KELAS IV SD GUGUS IX GOLEWA, KECAMATAN GOLEWA KABUPATEN NGADA-NTT

Main Authors: Maria Patrisia Wau, Ermelinda Yosefa Awe
Format: Article Journal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://zenodo.org/record/2573386
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar menggunakanmodel pembelajaran ARCSdan siswa yang belajar menggunakanmodel pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus IX Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada, (2) perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar menggunakanmodel pembelajaran ARCSdan siswa yang belajar menggunakanmodel pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus IX Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada setelah dilakukan pengendalian terhadap minat belajar, (3) mengetahui seberapa besar kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar IPS antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran ARCS dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD gugus IX Kecamatan Golewa pada semester kedua tahun pelajaran 2018. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest Only-Control Group Design.Data dikumpulkan dengan tes dan kuesioner dan dianalisis dengan analisis varians dan kovarian satu jalur dengan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan model ARCS lebih baik daripada hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Pada siswa kelas IV Sd di gugus IX Kecamatan Golewa. (Fhitung=4,097; (p<0,05) (kelompok eksperimen=79,13 > kelompok kontrol=69,76), (2) hasil belajar IPS siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model ARCS tetap lebih baik daripada hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran IPS dengan model konvensional setelah diadakan pengendalian terhadap minat belajar. (Fhitung=2,173; (p<0,05), dan (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara minat dan hasil belajar IPS di kelas IV sd segugus IX kecamatan golewa kabupaten Ngada, dengan kontribusi sebesar 10,6%. Melalui persamaan garis regresi Ẏ= 45.692 + 0,247 X