Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Main Author: Sumarnaya, I Nengah
Format: Article
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://zenodo.org/record/1407745
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Taggart di SMP N 1, dengan subyek penelitian berjumlah 24 orang siswa kelas VIII B semester II tahun pelajaran 2015/2016. Objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan media konkret. Penelitian dilakukan dalam dua siklus melalui tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpul data berupa tes hasil belajar, data hasil belajar selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskritif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari prasiklus ke siklus I dan pada siklus II menjadi 87,50% dengan rata-rata sebesar 71,88. Simpulan penelitian bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dengan media konkret mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII B semester II tahun pelajaran 2015/2016 SMP N 1 Dawan.