Pemanfaatan Lapangan Rumput sebagai Sumber Belajar pada Materi Plantae Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 1 Abiansemal Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Authors: | Subrata, I Made, Wijayanti, Ni Made Ayu Wulan Sri |
---|---|
Format: | Article Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://zenodo.org/record/1403894 |
Daftar Isi:
- Komponen penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan yaitu dengan merubah cara pembelajaran (memilih metode pembelajaran yang tepat), salah satunya adalah memanfaatkan lapangan rumput sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lapangan rumput sebagai sumber belajar pada materi Plantae. Jenis penelitian tergolong penelitian eksperimen semu (quasi experiment) Posttes-Only Control Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Abiansemal tahun Pelajaran 2015/2016, sebanyak 347 orang. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil menggunakan teknik random sampling terhadap kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar biologi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik parametrik dengan uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan lapangan rumput sebagai sumber belajar pada materi Plantae.