UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 25 BANJARMASIN
Main Author: | Azizah |
---|---|
Format: | Article |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://zenodo.org/record/1342258 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 25 Banjarmasin melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management. Penelitian ini dilakukan dengan tindakan kelas melalui dua siklus dengan dua kali pertemuan. Adapun populasi siswa kelas VII berjumlah 209 dengan sampel 6 orang yang diperoleh menggunakan teknik penarikan sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari siklus I pertemuan pertama aktivitas peneliti termasuk kategori “cukup baik” kemudian mengalami peningkatan sampai pada kategori “sangat baik” pada siklus II pertemuan kedua. Kemudian pada aktivitas siswa dari siklus I pertemuan pertama, termasuk kategori “cukup aktif” kemudian mengalami peningkatan sampai pada kategori “sangat aktif” pada siklus II pertemuan kedua. Sedangkan, terjadi peningkatan kemandirian belajar siswa dari siklus I pertemuan pertama yang termasuk kategori “kurang berhasil” kemudian terus meningkat sampai pada siklus II pertemuan kedua, dimana sudah termasuk kategori “berhasil”. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemandirian belajar siswa dengan dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik Self Management.