Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus

Main Author: Bohalima, Yunia Hatimanis
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: PT. Marosk Zada Cemerlang , 2022
Subjects:
Online Access: https://www.educativo.marospub.com/index.php/journal/article/view/4
https://www.educativo.marospub.com/index.php/journal/article/view/4/15
Daftar Isi:
  • Pemahaman konsep sangat berguna dalam penyelesaian masalah. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Toma pada materi persamaan garis lurus. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber informan yaitu: siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Toma dengan jumlah 33 orang. Teknik analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yaitu: tes dan wawancara tidak terstruktur. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis dengan kategori Sangat Baik (SB) berada pada 12%, kategori Baik (B) berada 21%, kategori Cukup (C) berada pada 27%, kategori Kurang (K) berada pada kategori 33%, kategori Sangat Kurang (SK) berada 6%. Sehingga kemampuan pemahaman konsep matematika lebih dominan pada kategori Kurang (K) sebesar 33%. Peneliti menyarankan agar guru dapat membangkitkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam kegiatan pembelajaran.