Pengaruh Computer Anxiety, Computer Attitude, Dan Computer Self Efficacy, Kondisi Yang Memfasilitasi Pemakai, Dan Faktor Sosial Terhadap Minat Mahasiswa Komputerisasi Akuntansi Menggunakan Software Akuntansi
Main Authors: | Fiddin, Fachroh Fiddin, Muhammad Arief |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Yayasan Pendidikan Penelitian Pengabdian Algero
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.yp3a.org/index.php/akua/article/view/182 https://journal.yp3a.org/index.php/akua/article/view/182/140 |
Daftar Isi:
- Today's accounting transformation requires that all processes must be Real-Time and Integrated Reporting, one of which is calculating debit credit and closing the books in the system and minimal use of paper in the transaction documentation process (Paperless). This study is to see the effect of computer anxiety, computer attitude, computer self-efficacy, facilitating conditions, and social factors on student interest in using accounting software in the accounting learning process. This type of research is quantitative research and the data is obtained by distributing questionnaires in which the sample data is accounting students who are taking accurate accounting computer courses., Data analysis was carried out with Regression Analysis, which consisted of validity test, reliability test, normality test, multiple linear regression test. The results showed that computer anxiety and social factors did not affect students' interest in using accounting software in the accounting learning process. Meanwhile, computer attitude, computer self-efficacy, and conditions that facilitate users affect students' interest in using accounting software in the accounting learning process.
- Transformasi akuntansi jaman now mengharuskan semua proses harus Real Time dan Integrated Reporting yang salah satunya penghitungan debit kredit dan proses tutup buku didalam sistem dan minimnya penggunaan kertas dalam proses dokumentasi transaksi (Paperless). Tujuan: Penelitian ini untuk melihat pengaruh computer anxiety, computer attitude, computer self efficacy, kondisi yang memfasilitasi dan faktor sosial terhadap minat mahasiswa menggunakan software akuntansi dalam proses pembelajaran akuntansi. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan data diperoleh dengan menyebarkan angket yang sampel datanya adalah mahasiswa akuntansi yang sedang mengambil mata kuliah komputer akuntansi dengan software accurate. Analisis data: jenis analisis data yang digunakan, seperti anova, korelasi dan lain sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan computer anxiety dan faktor sosial tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan software akuntansi dalam proses pembelajaran akuntansi. Sedangkan computer attitude, computer self efficacy dan kondisi yang memfasilitasi pemakai berpengaruh terhadap minat mahasiswa menggunakan software akuntansi dalam proses pembelajaran akuntansi.