STUDI EKSPERIMEN PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR(Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 12 Ciamis)

Main Author: Maelani, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/25/1/1%20cover%20mae.pdf
http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/25/2/4%20ABSTRAK.pdf
http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/25/3/5%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/25/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian ini bahwa media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses belajar mengajar, karena media pembelajaran dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapai peserta didik. Di MIN 12 Ciamis terjadi kesenjangan antara harapan dan kenyaataan. Berdasarkan hasil pengamatan dan observasi, masih ada pendidik yang belum optimal dalam menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu untuk menyampaikan informasi pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang kurang memuaskan, karena masih banyak nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), terutama dalam mata pelajaran IPA. Sehingga peneliti membuat media pembelajaran puzzle sebagai solusi alternatif dengan harapan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajara IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : pertama bagaimana hasil belajar peserta didik kelas V MIN 12 Ciamis sebelum memperoleh penggunaan media pembelajaran puzzle? Kedua bagaimana hasil belajar peserta didik kelas V MIN 12 Ciamis setelah memperoleh penggunaan media pembelajaran puzzle? Ketiga apakah hasil belajar peserta didik kelas V MIN 12 Ciamis setelah memperoleh penggunaan media pembelajaran puzzle lebih baik dari pada sebelum memperoleh penggunaan media pembelajaran puzzle? Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu Pre-Eksperimental Design dengan lebih khususnya menggunakan bentuk One-Group Preetest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas I-VI yang berjumlah 131 dan sampel dari kelas V yang berjumlah 26 peserta didik. Data hasil belajar IPA menggunakan tes uraian sebanyak 10 soal. Data dianalisis dengan bantuan aplikasi Statistical Package for the Social Scaienes (SPSS IBM 22). Kemampuan awal peserta didik sebelum mendapatkan perlakuan dilihat dari hasil pretest sebagai tes awal. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, dapat diketahui bahwa nilai mean (rata-rata hitung) sebesar 13,31 Ini menunjukan bahwa secara umum nilai pretest peserta didik terpusat pada nilai 13,31. Kemampuan akhir peserta didik setelah mendapatkan perlakuan dilihat dari hasil posttes tsebagai tes akhir. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, dapat diketahui bahwa nilai mean (rata-rata hitung) sebesar 24,31. Ini menunjukan bahwa secara umum nilai pretest peserta didik terpusat pada nilai 24,31. Hasil analisis lanjutan melalui uji –t, diketahui bahwa nilai signifikansi 0, 000 dan ini menunjukan kurang dari α = 0, 05, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara signifikan hasil belajar peserta didik setelah memperoleh penggunaan media puzzle lebih meningkat dari sebelum memperoleh penggunaan media puzzle. Kata Kunci : Penggunaan Media Pembelajaran, Hasil Belajar IPA