PERANAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU TERHADAP ANAK DI DESA TOLAI KECAMATAN TORUE KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Main Author: | Ayu Eka Damayanti, N. L. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
, 2015
|
Online Access: |
https://jurnal.stahds.ac.id/widyagenitri/article/view/93 https://jurnal.stahds.ac.id/widyagenitri/article/view/93/43 |
Daftar Isi:
- Peranan orang tua sangat penting dalam mendidik dan mengarahkan anaknya ke hal-hal yang positif. Orang tua menjadi pemimpin lembaga ini, dan orang tua merupakan pendidik pertama dan utama. Khususnya di Desa Tolai karena penduduk di Desa ini sebagian besar sebagai petani sehingga perhatian dan waktu dirumah untuk mendidik anak sangat sedikit. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah peranan orang tua dalam menanamkan pendidikan agama Hindu terhadap anak ? 2 ) Apakah kendala-kendala yang dihadapi orang tua dalam menanamkan pendidikan agama Hindu terhadap anak ? 3) Apakah upaya – upaya yang dilakukan orang tua dalam menanamkan pendidikan agama Hindu terhadap anak ? Penelitian ini bertujuan : 1). Untuk mengetahui peranan orang tua dalam menanamkan pendidikan agama Hindu terhadap anak di Desa Tolai, 2 ). Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi orang tua dalam menanamkan pendidikan agama Hindu terhadap anak di Desa Tolai, 3). Untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan orang tua dalam menanamkan pendidikan agama Hindu terhadap anak di Desa Tolai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, penentuan sumber data menggunakan teknik purposive sampling, dengan metode pengumpulan data melalui, observasi, wawancara,dokumentasi dan kepustakaan, sedangkan teknik analisis data mencakup tiga langkah : 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa, 1) peranan orang tua dalam menanamkan pendidikan agama Hindu terhadap anak, melalui : a) mengajarkan anak tentang etika, b) mengajarkan anak tentang sopan santun. 2) kendala-kendala dalam menanamkan pendidikan agama terhadap anak seperti, dampak negative dari teknologi, minimnya pendidikan orang tua, kesibukan orang tua,dan pengaruh negatif dari lingkungan dan pergaulan. 3) upaya-upaya yang dilakukan orang tua untuk mengatasi kendala –kendala adalah: a) mengarahkan penggunaan teknologi, b) belajar dari pengalaman orang tua, c) meluangkan waktu dimalam hari, d) memantau dan membatasi pergaulan anak.