DAYA PIKAT PERSUASIF PEDAGANG IKAN DI PASAR SARONGGI KABUPATEN SUMENEP MADURA

Main Author: Suhartatik, Suhartatik
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Magister of Linguistic, Postgraduated Program, Universitas Warmadewa , 2017
Subjects:
Online Access: https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/jret/article/view/335
https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/jret/article/view/335/pdf
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Daya Pikat Persuasif, Pedagang Ikan Para pedagang harus mengetahui cara komunikasi yang baik dengan para konsumen/pembeli. Hal ini dilakukan agar pembeli tertarik untuk membeli barang dagangan yang dijual tersebut. Pedagang tentunya menginginkan dagangannya laku, oleh karena itu mereka memiliki cara tersendiri untuk mempromosikan dagangannya. Menggunakan tindak tutur yang baik merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh para pedagang . Kata-kata meyakinkan akan dipilih untuk disampaikan pada pembeli. Sehingga pembeli kemudian berkeinginan untuk membeli barang dagangan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif , fokus penelitiannya tentang tindak tutur dan daya persuasif yang dilakukan pedagang ikan di pasar Saronggi Kabupaten Sumenep Madura. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pragmatik yaitu pendekatan yang mendasarkan diri pada reaksi atau tanggapan menurut mitra bicara. Metode penelitian ini menggunakan simak libat cakap yakni pembeli ikut berdialog bersama pedagang. Hasil penelitian menunjukkan adanya tindak tutur yang dilakukan pedagang ikan kepada para pembeli di pasar Saronggi Kabupaten Sumenep Madura berupa tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi. Selain itu, dari tindak tutur juga menunjukkan adanya komunikasi persuasif yang dilakukan pedagang ikan kepada para pembeli dari segi tataran frase dan tataran klausa dan kalimat. Pada tataran frase, banyak digunakan oleh pedagang bertujuan untuk menghemat tutur kata namun mengandung makna yang kuat untuk menarik perhatian calon pembeli. Sedangkan pada tataran klausa dan kalimat yang dipakai pedagang adalah kalimat yang banyak menggunakan kata sapaan Ebhu (Ibu), Mbhuk (Mbak), Lѐ (Dik), Pa’ (Pak), Bhing (panggilan untuk anak perempuan), dan Bhu Ajjhi (Bu haji). Pada tataran kalimat, pedagang menggunakan kalimat lisan, kalimat informatif , kalimat konotasi, kalimat perintah serta kalimat tanya.
  • Abstract Traders should know much the ways how to communncate with the buyers or consumers. It means that the buyers or the consumers will take an interest with what they are selling. They, of course, have their own ways to promote theirs so that the buyers or consumers will buy their goods. Using good speech acts and convinced words are the ways that they must have to convince the buyers or consumers to buy. This research is a descriptive. It is focused on how speech act and persuasive power done by fish traders will influence the buyers or consumers at Saronggi Market of Sumenep regency-Madura. The approach used is pragmatic – the approach bases on the friends’, reactions and ideas. The method used is the monitoring of involving statements – the buyers or consumers also hold a dialogue with the traders.The result of the research shows that there are speech acts such as: lecutionary, illecitionary, and perlocutionary acts done by the fish traders at at Saronggi Market of Sumenep regency-Madura. And in addition to that from those speech acts also show the existing of persuasive communication done by the fish traders to the buyers or consomers either from the phrase, clause and sentence levels.Many traders use the phrase level in order to save their speech act but it has strong sense to attract the buyers to be. Meanwhile the clause and sentence levels a re used by them to greet the buyers or consumers, they are among others: Ebhu (mother), Mbhuk (older sister), Le’ (younger sister), Bhing (the vacation of a girl), Jhi (hajj). In the sentence level the traders also use oral, informative, connotation, imperative and interrogative sentence Keywords: Persuasive Attractive Power, Fish traders