HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET (HANDPHONE) DENGAN POLA PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH

Main Authors: Jahirin, Amelinda
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Ilmu Keperawatan FIKES UNIBBA , 2021
Subjects:
Online Access: https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/healthy/article/view/493
https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/healthy/article/view/493/416
Daftar Isi:
  • World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa terdapat 5-25% dari anak anak usia prasekolah menderita gangguan perkembangan. Tercatat 8- 9% anak prasekolah mengalami masalah psikososial khususnya masalah sosialemosional seperti kecemasan, susah beradaptasi, susah bersosialisasi, susah berpisah dari orang tua, anak sulit diatur, dan perilaku agresif. Berbagai stimulasi mampu mempengaruhi perkembangan anak, diantaranya yaitu gadget atau handphone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan penggunaan gadget (handphone) dengan pola perkembangan sosial anak usia prasekolah. Penelitian ini merupakan deskriptif korelasi dengan menggunakan metode kuantitatif. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan cross sectional, serta menggunakan kuesioner sebagai instrumen. Teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling dengan jumlah sampel 28 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 45,95% anak menggunakan gadget (handphone) dan termasuk dalam kategori ringan, 58,69% anak memiliki pola perkembangan sosial positif dan termasuk dalam kategori buruk, dan 90,91% anak memiliki pola perkembangan sosial negatif dan termasuk dalam kategori baik. Hasil uji Rank Spearman didapatkan p-value tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget (handphone) terhadap pola perkembangan sosial anak prasekolah. Kata kunci: gadget, perkembangan sosial, anak prasekolah