PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON

Main Author: Mananda, Irma; Jurnal Untuk Persyaratan Wisuda
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi FISIKA , 2017
Subjects:
Online Access: http://e-journal.upp.ac.id/index.php/fkipfisika/article/view/1189
http://e-journal.upp.ac.id/index.php/fkipfisika/article/view/1189/904
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan hukum Newton. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan desain penelitian One Group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Rambah Hilir. Sampel yang ditetapkan adalah kelas X.1 sebanyak 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket media pembelajaran dan tes pemahaman konsep siswa. Pengujian hipotesis tersebut menggunakan uji-t. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji gain score ternormalisasi, dengan tingkat perolehan rata-rata gain score ternormalisasi masuk dalam kategori tinggi yaitu 0,82. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis, hasil perhitungan diperoleh thitung= 19,17 dan ttabel = 2,04 dengan taraf signifikan 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan hukum Newton.