PENGARUH APLIKASI SISTEM MANAJEMEN INFORMASI OBJEK PAJAK (SISMIOP) TERHADAP TINGKAT KUALITAS PELAYANAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN (PBB-P2) (Studi pada Dinas Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Situbondo)

Main Author: Asy’ari, Muhammad; Program Studi S1 Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
Format: eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi S-1 Perpajakan, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya , 2015
Online Access: http://perpajakan.studentjournal.ub.ac.id/index.php/perpajakan/article/view/159
Daftar Isi:
  • Service quality is the expected leading capacity in fulfilling the necessities of communities by providing service that is ideally demanded by communities. Rural and Urban Land Building Tax (PBB-P2) service quality is influenced by some factors, one of them is the application of Tax Object Information Management System (SISMIOP). Indeed, SISMIOP is a computer based-system that is used to manage the data of the object and subject of PBB-P2. The objective of research is to understand the perception of tax payers on PBB-P2 service quality at The Official of Income, Financial Management and Local Asset (DPPKAD) of Situbondo Regency, and to recognize and to obtain the evidence of the influence of SISMIOP application on PBB-P2 service quality at DPPKAD of Situbondo Regency. Research method is explanatory research with a quantitative approach. Data analysis involves two techniques, respectively descriptive and inferential data analyses in the form of simple linear regression analysis. Result of research indicates that PBB-P2 service quality at DPPKAD of Situbondo Regency is good and satisfying perceived by the perception of taxpayers. Based on the result of t test show that SISMIOP is significantly influencing service quality rate. Keywords: Tax Object Information Management System, Service Quality ABSTRAK Kualitas pelayanan merupakan tingkat keunggulan yang diharapkan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, yang diperoleh dengan cara memberi pelayanan yang ideal sesuai harapan masyarakat. Kualitas pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah aplikasi Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak (SISMIOP). SISMIOP adalah sebuah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk mengelola data objek dan subjek PBB-P2. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi wajib pajak terhadap kualitas pelayanan PBB-P2 di Dinas Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Situbondo, serta mengetahui dan memperoleh bukti adanya pengaruh aplikasi SISMIOP terhadap tingkat kualitas pelayanan PBB-P2 di DPPKAD Kabupaten Situbondo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu analisis data deskriptif serta analisis data inferensial berupa analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan PBB-P2 di DPPKAD Kabupaten Situbondo adalah baik dan memuaskan berdasarkan persepsi wajib pajak. Berdasarkan hasil Uji t menunjukkan aplikasi SISMIOP berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kualitas pelayanan. Kata Kunci: Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak, Kualitas Pelayanan