PENGARUH KUALITAS LAYANAN SISTEM ELEKTRONIK PERPAJAKAN TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara)
Main Author: | Permatasari, Anisha Charisma; Program Studi S1 Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi S-1 Perpajakan, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya
, 2015
|
Online Access: |
http://perpajakan.studentjournal.ub.ac.id/index.php/perpajakan/article/view/151 |
Daftar Isi:
- The quick of increasing services through information technology is reliable, and not obsolete given to the satisfaction of the taxpayer. Tax Office Pratama North Malang as one of the tax office under the auspices of the Directorate General of Taxation to provide services through information technology called that is electronic tax system by individual taxpayers. Type of electronic system of taxation is namely : e-registration, e-SPT, e-filing and e-billing. Improvement of services is expected to give satisfaction to the taxpayer as a recipient of services. The aims are to determine how significant level of taxpayer satisfaction with the electronic system of taxation as one of the services provided by the KPPPratama North Malang, through the dimensions of physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. This type of research uses quantitative methods through SPSS 2.0 version provides the results of all the variables of physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, and empathy as a form of electronic system of taxation service quality significantly influencethe satisfaction of the taxpayer. Responsiveness the are most influence satisfaction of the taxpayers. Keywords: service quality electronic system of taxation, taxpayer satisfaction ABSTRAK Peningkatkan pelayanan melalui teknologi informasi yang cepat, handal, dan tidak ketinggalan zaman diberikan untuk kepuasan wajib pajak. Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara sebagai salah satu kantor pajak dibawah naungan Direktorat Jenderal Pajak memberikan pelayanan melalui teknologi informasi yang disebut dengan sistem elektronik pajak yang digunakan oleh wajib pajak orang pribadi. Jenis sistem elektronik perpajakan antara lain : e-registration, e-SPT, e-filling dan e-billing. Peningkatan pelayanan diharapkan dapat memberikan kepuasan bagi wajib pajak sebagai penerima layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan tingkat kepuasan wajib pajak dengan adanya sistem elektronik perpajakan sebagai salah satu bentuk layanan yang diberikan oleh KPP Pratama Malang Utara, melalui dimensi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, serta empati. Jenis penelitian dengan metode kuantitatif melalui SPSS versi 20 memberikan hasil seluruh variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, serta empati sebagai bentuk dari kualitas pelayanan sistem elektronik perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. Variabel daya tanggap merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak. Kata Kunci : Kualitas pelayanan sistem elektronik perpajakan, kepuasan wajib pajak