PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SOSIALISASI PERPAJAKAN DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (STUDI PADA WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDAPATAN PROVINSI JAWA TIMUR MALANG KOTA)
Main Author: | Murdliatin, Nur; Program Studi S1 Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi S-1 Perpajakan, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya
, 2015
|
Online Access: |
http://perpajakan.studentjournal.ub.ac.id/index.php/perpajakan/article/view/150 |
Daftar Isi:
- Highly contribution of the local tax in local revenue shows that tax revenues is important. The factor that can be influences the increasing of tax revenue is taxpayers compliance which is the image of taxpayers fulfillment of the tax obligation level. Tax non-compliance can see in the tax arrears. Furthermore the research type is explanatory research which uses quantitative approach, with primary data collection uses a questionnaire that distributed directly to 100 motor vehicle taxpayers who registers at Integrated Service Unit of Revenue Department East Java Province Malang City. Sample is taken by accidental sampling technique. Data analysis for this research uses multiple linear regression analysis. The result of multiple linear regression analysis shows that the service quality, the socialization of taxation and the knowledge of taxation has a significant influence simultaneously and partially on the taxpayer compliance. Keywords: the service quality, the socialization of taxation, the knowledge of taxation, the taxpayer compliance ABSTRAK Tingginya kontribusi pajak daerah dalam Pendapatan Asli Daerah menunjukkan bahwa penerimaan pajak adalah penting. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan penerimaan pajak adalah kepatuhan wajib pajak yang merupakan gambaran seberapa jauh tingkatan pemenuhan kewajiban perpajakan wajib pajak yang dapat dipengaruhi berbagai faktor. Ketidakpatuhan wajib pajak dapat dilihat dari tunggakan pajak yang ada. Penelitian ini termasuk dalam explanatory research yang menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan data primer yang diperoleh menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur Malang Kota. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, sosialisasi perpajakan dan pengetahuan perpajakan berpengaruh signifikan baik secara simultan maupun secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak. Kata kunci: kualitas pelayanan, sosialisasi perpajakan, pengetahuan perpajakan, kepatuhan wajib pajak