PENGARUH KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di SAMSAT Kab. Lamongan)
Main Author: | Zulistiyowati, .; Program Studi S1 Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi S-1 Perpajakan, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya
, 2015
|
Online Access: |
http://perpajakan.studentjournal.ub.ac.id/index.php/perpajakan/article/view/140 |
Daftar Isi:
- Tax is the main source of state revenue that is used for government financing and developing. It is important for the local governments to increase vehicle tax payer obidience in every year according with the expected target by increasing trust and satisfaction of vehicle taxpayer. The purpose of this study are to determine the influence of variables trust to satisfaction of taxpayer and taxpayer obidience. The data that is used are primary data and secondary data. Primary data are obtained from a questionnaire which is to determine the number of samples using slovin formula then data tested by path analysis using SPSS 21. Results from this study is that all hypotheses accepted and there is an indirect effect of variable trust to variable tax compliance through the variable satisfaction at 0.431. Keywords: trust, ability, satisfaction, and tax payer obedience ABSTRAK Pajak merupakan sumber utama penerimaan negara yang digunakan untuk pembiayaan pemerintah dan pembangunan. Penting bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak PKB agar penerimaan PKB tiap tahunnya sesuai dengan target yang diharapkan dengan meningkatkan kepercayaan serta kepuasan wajib pajak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel keperayaan terhadap kepuasan dan kepatuhan wajib pajak. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin diperoleh 100 sampel. Data diuji dengan analisis jalur dengan menggunakan SPSS 21. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa ke tiga hipotesis diterima dan terdapat pengaruh tidak langsung dari variabel kepercayaan terhadap variabel kepatuhan wajib pajak melalui variabel kepuasan sebesar 0,431. Kata kunci : Kepercayaan, Kepuasan, dan Kepatuhan Wajib Pajak