PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DAN IMPLIKASINYA PADA KINERJA PENERIMAAN PAJAK (STUDI PADA WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DAN BADAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA TUBAN)
Main Author: | Maghfiroh, Jannatul; Program Studi S1 Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi S-1 Perpajakan, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya
, 2015
|
Online Access: |
http://perpajakan.studentjournal.ub.ac.id/index.php/perpajakan/article/view/129 |
Daftar Isi:
- This research aimed is to clarify the influence of tax service quality on taxpayers complience and the effect on performance of tax revenue Tax Office Pratama Tuban. This type of research used explanatory research method with quantitative approach. Data collection method is questionnaire and documentation method. The researcher questionnaire distributed directly to 100 respondents, individu and corporate taxpayers. The result of path analysis showed that variable tax service quality has a significant influence partially on the performance of tax revenue, and variable tax service quality has a significant influence partially on taxpayers compliance. Meanwhile, taxpayers compliance do not influence on the performance of tax revenue. Together, however, tax service quality, taxpayers compliance significantly influences the performance of tax revenue. Keywords: The quality of tax service, Compliance taxpayers, and The performance of tax revenue ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak dan implikasinya pada kinerja penerimaan pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tuban. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu jenis penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik angket dan teknik dokumentasi. Peneliti menyebarkan angket ke 100 responden, yaitu Wajib Pajak orang pribadi dan badan. Berdasarkan hasil analisis jalur menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas pelayanan pajak berpengaruh terhadap kinerja penerimaan pajak dan juga berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Sedangkan kepatuhan Wajib Pajak tidak berpengaruh terhadap kinerja penerimaan pajak. Secara simultan atau bersama kualitas pelayanan pajak berepengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak dan implikasinya pada kinerja penerimaan pajak. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, dan Kinerja Penerimaan Pajak