PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA PADA KOMPETENSI KERAJAAN-KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS 2 SMA N 2 BATANG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: Nurrochim
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Bapelitbang Kabupaten Batang , 2018
Subjects:
Online Access: https://ojs.batangkab.go.id/index.php/ristek/article/view/39
https://ojs.batangkab.go.id/index.php/ristek/article/view/39/151
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada peningkatan aktivitas dan hasil belajarSejarah Indonesia Kompetensi Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia yang pembelajarannyamenggunakan model Problem Based Learning. Penelitian menggunakan metode penelitiantindakan kelas dengan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan: (1) aktivitas belajar pesertadidik pada Siklus I persentasenya83,75% pada Siklus II persentasenya 91,66%, (2) hasilbelajar peserta didik pada Siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 78,94%, Siklus IImengalami ketuntasan klasikal sebesar 84,97%.