PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA PADA KOMPETENSI KERAJAAN-KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS 2 SMA N 2 BATANG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | Nurrochim |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Bapelitbang Kabupaten Batang
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ojs.batangkab.go.id/index.php/ristek/article/view/39 https://ojs.batangkab.go.id/index.php/ristek/article/view/39/151 |
Daftar Isi:
- Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada peningkatan aktivitas dan hasil belajarSejarah Indonesia Kompetensi Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia yang pembelajarannyamenggunakan model Problem Based Learning. Penelitian menggunakan metode penelitiantindakan kelas dengan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan: (1) aktivitas belajar pesertadidik pada Siklus I persentasenya83,75% pada Siklus II persentasenya 91,66%, (2) hasilbelajar peserta didik pada Siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 78,94%, Siklus IImengalami ketuntasan klasikal sebesar 84,97%.