E-Commerce System Analysis on Shopee to increase competitiveness using the S.W.O.T. method

Main Authors: Gudiato, Candra, Sediyono, Eko, Sembiring, Irwan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Institut Shanti Bhuana , 2022
Subjects:
Online Access: https://journal.shantibhuana.ac.id/index.php/jifotech/article/view/294
https://journal.shantibhuana.ac.id/index.php/jifotech/article/view/294/168
Daftar Isi:
  • The development of information technology has shifted the human paradigm in doing shopping from the traditional way that requires sellers and buyers to meet directly to electronic commerce (e-commerce) which is completely online. Shopee as one of the players in the e-commerce business has transformed into one of the big marketplaces, both in Indonesia and in the world. As an e-commerce company that has a worldwide reputation, Shopee is not the only player in the E-commerce business. To be able to survive in the midst of tight digital competition, of course Shopee is expected to always innovate to maintain service quality and increase competitiveness against its competitors. Therefore, an analysis will be carried out using S.W.O.T. to find out the strengths, weaknesses, opportunities, and threats that can occur to Shopee e-commerce. Based on the results of the analysis carried out, it was found that the strength of Shopee lies in its reputation, its weakness is that it is not e-commerce from Indonesia, the opportunity is a marketplace business that is not bound by space and time, and the threat is that there are many competitors for a similar business model. From these results, to reduce weaknesses and threats, as well as increase the strengths and opportunities that Shopee has, it can be done by implementing the S-O, W-O, S-T, and W-T strategies.
  • Perkembangan teknologi informasi telah menggeser paradigma manusia dalam melakukan belanja dari cara tradisional yang mengharuskan penjual dan pembeli bertemu secara langsung menuju perdagangan elektronik (e-commerce) yang serba online. Indonesia adalah pangsa pasar yang besar dan cukup petensial karena banyaknya jumlah penduduk yang dimilikinya. Shopee sebagai salah satu pemain dalam bisnis e-commerce telah menjelma menjadi salah satu marketplace yang besar, baik di Indonesia, maupun di dunia. Sebagai e-commerce yang memiliki reputasi yang mendunia, Shopee bukanlah pemain tunggal dalam bisnis E-commerce. Untuk dapat bertahan ditengah kompetisi digital yang ketat, tentunya Shopee diharapkan selalu berinovasi untuk selalu menjaga kualitas layanan dan meningkatkan daya saing terhadap para kompetitornya. Oleh karena itu, akan dilakukan analisis menggunakan S.W.O.T.(Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, maupun ancaman yang dapat terjadi terhadap e-commerce Shopee. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, didapatkan bahwa yang menjadi kekuatan dari Shopee terletak pada reputasinya, kelemahannya adalah bukan merupakan e-commerce dari Indonesia, peluangnya adalah bisnis marketplace yang tidak terikat ruang dan waktu, serta ancamannya adalah kompetitor yang banyak untuk model bisnis yang serupa. Dari hasil tersebut, untuk mengurangi kelemahan dan ancaman, serta meningkatkan kekuatan dan peluang yang dimiliki Shopee dapat dilakukan dengan menerapkan strategi S-O, W-O, S-T, dan W-T. Strategi S-O berisi peluang yang dapat dimaksimalkan. Strategi W-O berisi jalan keluar agar peluang tidak di sia-siakan. Strategi S-T berisi cara menyikapi ancaman dengan kekuatan yang dimiliki. Strategi W-T berisi solusi terhadap ancaman yang mungkin timbul.