Implementasi Pojok Baca untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa MI Muhammadiyah Kartasura

Main Authors: Kurniawan, Wahyu, Anam Sutopo, Minsih
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Yayasan Pendidikan Penelitian Pengabdian Algero , 2021
Subjects:
Online Access: https://journal.yp3a.org/index.php/pakmas/article/view/31
https://journal.yp3a.org/index.php/pakmas/article/view/31/26
Daftar Isi:
  • This research aims to illustrate the implementation of the reading corner to increase the interest in reading the MI Muhammadiyah Kartasura students. The study uses a qualitative inductive approach. Data and collection techniques consist of primary data and secondary data obtained through observations, interviews, polls or questionnaires and documentation. Data validation uses the theory and techniques of the source triangulation and triangulation method. Data analysis uses interactive models including data collection, data reduction, data presentation and withdrawal of conclusions. Results from the study showed that. 1) The implementation of reading corners can increase student interest in the school environment with habituation, learning, development and school programs for students to read. 2) Student reading interest increases with a reading corner that encourages students to better appreciate their time reading books in the classroom reading corner. 3) The implementation of this reading corner is effective enough to increase the interest of reading students in the school environment and facilitate teachers to implement and relate lessons to create varied learning.
  • Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi pojok baca untuk meningkatkan minat baca siswa MI Muhammadiyah PK Kartasura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif induktif. Teknik data dan pengumpulan terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui observasi, wawancara, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Data validasi menggunakan teori dan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan model interaktif termasuk pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) implementasi pojok baca dapat meningkatkan minat baca siswa di lingkungan sekolah dengan pembiasaan, pembelajaran, pengembangan dan program sekolah untuk siswa membaca. 2) minat baca siswa meningkat dengan adanya pojok baca yang mendorong siswa untuk lebih menghargai waktunya untuk membaca buku di pojok baca kelas. 3) implementasi pojok baca ini cukup efektif untuk meningkatkan minat baca siswa di lingkungan sekolah dan memudahkan guru dalam menerapkan dan mengkaitkan pelajaran untuk mencipkatan pembelajaran yang bervariatif.   Kata Kunci: baca, implementasi, minat, pojok, siswa