ANALISIS POTENSI PENGGUNA RENCANA TOL KEDIRI – NGANJUK MENGGUNAKAN METODE STATED PREFERENCE
Main Authors: | Novyana, Teofani Rizkhy; Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Pratama, Kukuh, Djakfar, Ludfi, Kusumaningrum, Rahayu |
---|---|
Format: | application/x-download eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya
, 2017
|
Online Access: |
http://sipil.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jmts/article/view/572 |
Daftar Isi:
- Kediri dan Nganjuk merupakan salah satu daerah sentral industri di Provinsi Jawa Timur yang menyebabkan arus barang dan jasa di kedua kabupaten tersebut tentunya sangat padat. Jalan tol merupakan salah satu alternatif yang digunakan untuk mengatasi kemacetan yang ada di jalan-jalan arteri didalam kota. Untuk perencanaan jalan tol Kediri-Nganjuk, maka perlu mengetahui prediksi jumlah potensi pengguna yang akan beralih dari jalan eksisting ke jalan tol dan menentukan tarif tol ideal.Analisis potensi pengguna ditinjau dari analisis peralihan moda menggunakan metode Stated Preference, road side interview dan data traffic counting. Atribut yang ditinjau adalah tarif masuk toldan kondisi lalu lintas pada jalan eksisting. Potensi pengguna tol Kediri-Nganjuk dengan VCR aktual = 0,8pada golongan I dengan tarif Rp600,00/Km sebanyak 6.113kendaraan/hari, golongan II dengan tarif Rp900,00/Km sebanyak 691 kendaraan/hari,golongan III dengan tarif Rp1.200,00/Km sebanyak 665 kendaraan/hari, golongan IV dengan tarif Rp1.500,00/Km sebanyak 841kendaraan/hari, golongan V dengan tarif Rp1.800,00/Km sebanyak 165 kendaraan/hari. Dan tarif masuk ideal golongan I-V secara berurutan didapatkan sebesar Rp749,00/Km, Rp1.123,00/Km, Rp1.498,00, Rp1.872,00/Kmdan Rp2.247,00/Km. Sedangkan untuk potensi pengguna dimasa mendatang yakni pada tahun 2022 dan 2027diperoleh jumlah pengguna terbesar golongan I dengan tarif Rp600,00/Km dan VCR = 1,2 sebanyak 15.315, dan 21.217 kendaraan/hari, pada tarif Rp650,00/Km dan VCR = 1,2 sebesar 14.985, dan 20.759 kendaraan/hari, Sehingga potensi pengguna tol Kediri-Nganjuk tiap tahunnya meningkat. Kata kunci : potensi pengguna, Stated Preference(SP), karaktreristik responden, road side interview(RSI), tarif tol, jumlah pengguna dimasa mendatang.