Aspek Tanggap Iklim pada Perancangan SMK Multimedia di Kota Yogyakarta
Main Authors: | Ramadhan, Irawan Sandi Dana; Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya, Nugroho, Agung Murti; Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya, Suryokusumo, Beta; Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur
, 2016
|
Online Access: |
http://arsitektur.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jma/article/view/231 |
Daftar Isi:
- Penerapan aspek tanggap iklim pada perancangan SMK Multimedia ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kebutuhan sarana pendidikan yang ada di KotaYogyakarta yang saat ini tengah berkembang dan tanggapan bangunan SMKMultimedia terhadap iklim. Penerapan green building pada SMK masih jarangditerapkan di Yogyakarta yang memiliki iklim tropis. Metode penelitian ini diawalidengan memaparkan masalah‐masalah iklim, masalah yang terkait pada tapak sertalingkungan sekitar, pola aktivitas pelaku dan kendala‐kendala yang terjadi padaSMK Multimedia. Selanjutnya hasil tersebut akan digunakan pada tahapperancangan SMK Multimedia. Terdapat standar khusus yang digunakan untukruangan laboratorium tanggap lingkungan, dimana laboratorium ini harus kedapdengan udara luar terutama debu yang nanti dapat merusak perangkat elektronikyang ada di dalam ruangan laboratorium. Dari lima unsur iklim, unsur yang dapatdimanfaatkan untuk desain tanggap iklim adalah dari unsur matahari. Unsurmatahari digunakan untuk pencahayaan ke dalam ruangan namun denganmasuknya pencahayaan alami, radiasi matahari pun juga akan masuk ke dalamnya,sehingga perlu penanganan khusus dalam mendesain selubung bangunannya.Penekanan desain sekolah yang mampu berperan aktif dalam perbaikan lingkunganini, diharapkan dapat meningkatkan efektivitas keadaan lingkungan sekaliguspembentuk rasa nyaman pengguna dalam proses belajar‐mengajar.Kata kunci: sekolah, multimedia, tanggap iklim