EFEKTIVITAS PASAL 6 UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PELAKU USAHA AKIBAT WANPRESTASI OLEH KONSUMEN DENGAN PRAKTIK HIT AND RUN (Studi Kasus Pelaku Usaha dan Konsumen di Carousell Indonesia)
Main Author: | Ramadhini, Shafadilla |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum
, 2023
|
Online Access: |
http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/5247 |
Daftar Isi:
- Shafadilla Ramadhini, Djumikasih, Shinta Puspita Sari Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Jl. MT. Haryono No. 169 Malang e-mail: shafadilla@sudent.ub.ac.id ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan perlindungan hukum bagi pelaku usaha dan efektivitas Pasal 6 Huruf (a) dan (b) Undang-undang Perlindungan Konsumen memberikan perlindungan hukum bagi pelaku usaha akibat wanprestasi yang dilakukan oleh konsumen dengan praktik hit and run di Carousell. Metode yang digunakan adalah yuridis empiris dengan sumber data terdiri atas data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penilitian dalam pelaksanaannya hak-hak pelaku usaha masih belum terlaksana secara efektif masih banyaknya konsumen yang melakukan hit and run di Carousell serta kurangnya perlindungan hukum bagi pelaku usaha. Pasal 6 Huruf (a) dan (b) Undang-undang Perlindungan Konsumen belum efektif terlaksana akibat faktor penghambat, yaitu substansi hukum, struktur hukum, budaya hukum, serta sarana dan fasilitas. Upaya yang dapat dilakukan dengan menciptakan peraturan yang efektif untuk melindungi hak-hak pelaku usaha akibat kerugian dari konsumen serta sosialisasi dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya hak dan kewajiban konsumen maupun pelaku usaha untuk beritikad baik serta melakukan prestasi sebagaimana dalam perjanjian yang sudah disepakati. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Wanprestasi, Pelaku Usaha, Hit and Run ABSTRACT This research aims to analyze the implementation of the protection of business people and the effectiveness of Article 6 letter (a) and (b) of Law concerning Consumer Protection giving protection to business people due to breach of contract with hit and run in Carousell. This research employed empirical juridical methods with primary and secondary data resources. The research results show that the rights of business people have not been effectively accommodated and consumers are found to do hit and run in Carousell. Moreover, the protection given to business people is inadequate. Article 6 letter (a) and (b) of Law concerning Consumer Protection is not effectively implemented due to several impeding factors in terms of law, legal structure, legal culture, infrastructure, and facilities. This research recommends some measures taken to tackle the issue and raise the effectiveness in the protection of the rights of the business people due to the loss affecting the consumers. Moreover, disseminating information aiming to raise awareness of the importance of the rights and obligations of the consumers and business people is also essential to encourage them to demonstrate good faith and to perform the contract as agreed. Keywords: Legal protection, breach of contract, business people, hit and run