IMPLEMENTASI PASAL 21 UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK DALAM PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN RAWAT JALAN (Studi di Puskesmas Purwodadi Kabupaten Pasuruan)

Main Author: Brawijaya, Firdaus Eldo Canka
Format: Article info eJournal
Terbitan: Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum , 2022
Online Access: http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/5077
Daftar Isi:
  • Firdaus Eldo Canka Brawijaya, Lutfi Effendi, Amelia Ayu Paramitha Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Jl. MT. Haryono No. 169, Malang e-mail: firdauseldo@student.ub.ac.id     ABSTRAK Pada skripsi ini, penulis ingin mengangkat permasalahan terkait dengan Implementasi Pasal 21 Undang - Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Dalam Pelaksanaan Standar Pelayanan Rawat Jalan di Puskesmas Purwodadi. Penulis mengambil tema penulisan tersebut dikarenakan penulis telah melakukan pra survey terhadap Puskesmas Purwodadi. penulis melakukan prasurvey terhadap pasien rawat jalan di Puskesmas Purwodadi dengan mengikuti komponen standar pelayanan yang ada di pasal 21 Undang - Undang Nomor 25 Tahun 2009 tersebut dengan hasil yang dikatakan bahwa Puskesmas Purwodadi masih belum maksimal dalam memberi pelayanan. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan wawancara secara langsung dengan pihak yang terkait sebagai pembahasan atas standar pelayanan yang diberikan oleh pelaksana pelayanan publik atau petugas pelaksana Puskesmas Purwodadi kepada pasien rawat jalan. Berdasarkan alasan tersebut, penulisan karya tulis ini mengangkat rumusan masalah: (1) Bagaimana pelaksanaan standar pelayanan yang diterima pasien rawat jalan di Puskesmas Purwodadi Kabupaten Pasuruan? (2) Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan standar pelayanan yang diterima pasien rawat jalan di Puskesmas Purwodadi Kabupaten Pasuruan? Kemudian Penulisan karya tulis ini menggunakan metode penulisan empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Data hukum yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu carapenjabaran hasil data pada pembahasan dijabarkan dengan mendeskripsikan secara jelas dan baik sehingga dalam penjabaran hasil data penulisan dapat dipahami dengan baik Kata Kunci: Implementasi, Pasal 21 UU Pelayanan Publik, Standar Pelayanan   ABSTRACT This research studies the health services given to outpatients according to Article 21 of Law Number 25 of 2009 concerning Public Services in the Standards of Health Services for Outpatients in Community Health Center (henceforth referred to as Puskesmas) of Purwodadi. This topic was initiated with a pre-survey in Puskesmas Purwodadi, the survey involved the patients concerned in the Puskesmas and was conducted according to the standard components of health services as outlined in Article 21 of Law Number 25 of 2009. The research results reveal that the services given in the Puskesmas Purwodadi are not optimal. This research employed a descriptive method and direct interviews with informants in charge regarding the health service standards given. Departing from the above issue, this research aims to investigate: (1) what are the health service standards applied for outpatients in the Puskesmas Purwodadi in the Regency of Pasuruan? (2) what factors affect the implementation of the standards of health care received by outpatients in the Puskesmas? This research was conducted based on empirical and socio-juridical methods. The research data were analyzed using descriptive qualitative techniques by elaborating on the data results in the discussion section. Information obtained was clearly and coherently elaborated for easier understanding. Keywords: implementation, Article 21 of Law concerning Public Services, service standards