PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMEGANG HAK CIPTA PERMAINAN VIDEO KONSOL ATAS TINDAKAN EMULASI
Main Author: | Nurussifa, Nabila |
---|---|
Format: | Article eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum
, 2019
|
Online Access: |
http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/3651 |
Daftar Isi:
- Nabila Nurussifa, Afifah Kusumadara, Diah Pawestri Maharani Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Jl. MT. Haryono No. 169 Malang Email: nabilanurussifa2@gmail.com ABSTRAK Emulator diakui sebagai gambaran kemajuan teknologi yang memberikan pengaruh besar terhadap kemudahan suatu penelitian terhadap software. Tidak hanya perangkat komputer, penggunaan emulator dapat diaplikasikan terhadap suatu permainan video. Namun kemajuan teknologi demikian dimanfaatkan beberapa orang untuk untuk berbuat kecurangan. Tujuan utama dari penulisan ini ialah Menganalisis terkait perlindungan hukum terhadap pemegang hak cipta permainan video konsol atas tindakan emulasi terhadap ciptaannya serta untuk mengetahui sejauh mana undang-undang memberikan perlindungan terhadap pemegang hak cipta permainan video. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah yuridis normatif, dengan pendekatan perundang-undangan, penulis juga menggunakan bahan hukum berupa bahan hukum primer dan sekunder. Teknik analisis yang digunakan oleh penulis ialah teknik analisis dengan interpretasi sistematis, gramatikal serta analisis deskriptif yang merujuk pada Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa emulator yang difungsikan untuk mengemulasi adalah tindakan yang dilarang oleh undang-undang. Kemudian perlindungan terhadap pemegang hak cipta tidak terlaksana dengan baik disebabkan adanya kekaburan hukum terkait pengaturan emulator permainan video serta kesadaran masyarakat yang kurang terhadap kasus demikian. Mengingat delik pada undang-undang hak cipta saat ini ialah delik aduan maka kesadaran masyarakat sangat berperan penting. Kata Kunci: Perlindungan hukum, Permainan Video, Emulasi ABSTRACT Emulation seems to contribute to advanced technology that opens wider access for research on software. Not only computer devices, utilisation of emulator can also be applied for video games. However, some still use this technology to perform negative act. This research is mainly aimed to analyse legal protection provided for game console copyright holders over emulation of genuine creation against copyright holders. This research employed normative-juridical method with statue approach. The materials of the research comprised primary and secondary data, analysed based on systematic, grammatical, and descriptive interpretations referring to Law Number 28 of 2014 concerning Copyright. The research reveals that emulating violates the law. The legal protection for copyright holders has so far not been properly provided due to vague norm in the regulation concerning emulator of video game and lack of people awareness of such a case. Thus, since this case is in the scope of complaint offense, people awareness plays an essential role. Keywords: Legal protection, Video Games, Emulation