PENERAPAN PASAL 4 HURUF C DAN D UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN MENGENAI TANGGUNG JAWAB PENJUAL TERHADAP ADANYA CACAT TERSEMBUNYI PADA TRANAKSI JUAL BELI TELEPON GENGGAM BEKAS

Main Author: Putra, Krisnanda Satriya Pratama
Format: Article eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum , 2019
Online Access: http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/3603
Daftar Isi:
  • Krisnanda Satriya Pratama Putra, Dr. Reka Dewantara,. S.H., M.H. Fakultas Hukum Universitas Brawijayakrisnandasatriyapp@gmail.com ABSTRAK Dasar hukum tentang perlindungan konsumen atas hal-hal tak terduga dalam transaksi jual beli barang pada umumnya dan barang bekas pada khususnya terdapat pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Dimana pada pasal 4 dengan jelas memaparkan tentang hak-hak yang harus didapat oleh konsumen. Namun meskipun telah disahkan dan telah berlaku sejak 1999, penerapan Undang-Undang Perlindungan Konsumen jarang diketahui oleh masyarakat secara luas. Berdasarkan hal tersebut, maka penulis tertarik untuk meneliti tentang penerapan pasal 4 huruf C dan D Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen mengenai tanggung jawab penjual terhadap adanya cacat tersembunyi pada tranaksi jual beli telepon genggam bekas. Oleh karena itu dalam penelitian ini, dilakukan analisis dengan membandingkan karakteristik fenomena yang dianalisis dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga penelitian ini bersifat empiris. Kata Kunci : Penerapan, cacat tersembunyi, perlindungan konsumen ABSTRACT The legal framework of consumer protection concerning unexpected things in sale and purchase transactions and the transactions in second-hand products is stipulated in Act Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection. Article 4 of this Act details rights consumers have to hold. However, despite the fact that this law was passed in 1999, the implementation of Act concerning Consumer Protection is not widely known by most people. This research is aimed to study the implementation of Article 4 letter C and D of Act Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection in relation to a seller’s responsibility over concealed flaws in the transactions of second-hand mobile phones. The empirical analysis conducted in this research compared the phenomenal characteristics through existing legislations. Keywords: implementation, concealed flaws, consumer protection