PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENGGUNA JASA GO-RIDE ATAS KECELAKAAN YANG TERJADI SELAMA PROSES PENGANGKUTAN

Main Author: Wanda, Dimotius Yoga Caesar
Format: Article eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum , 2019
Online Access: http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/3478
Daftar Isi:
  • Dimotius Yoga Caesar Wanda, Ratih Dheviana Puru HT, S.H.,LL.M Ranitya Ganindha, S.H., M.H Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya dimotiusyoga@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membahas perlindungan hukum yang diberikan untuk penumpang Go-Jek atas kecelakaan yang dialami oleh penumpang selama perjalanan mereka sesuai dengan asuransi sosial dan asuransi pihak ketiga yang disediakan oleh aplikator. Ada masalah di mana penumpang tidak diberikan kompensasi atas kecelakaan yang mungkin mereka miliki karena tidak ada undang-undang yang mengatur pengoperasian Go-Jek karena tidak dikategorikan sebagai angkutan umum. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk menjawab jenis perlindungan hukum apa yang harus diberikan kepada pengguna layanan Go-Jek berbasis aplikasi atas kecelakaan yang terjadi selama perjalanan.Metode yuridis normatif digunakan bersama dengan pendekatan statuta dan kasus. Bahan hukum diperoleh dari tinjauan literatur dan Internet, diikuti oleh analisis berdasarkan interpretasi gramatikal dan sistematis. Diskusi penelitian mengarah pada kesimpulan di mana kompensasi atas kecelakaan yang mungkin dialami oleh penumpang disediakan oleh Go-Jek dalam kemitraan dengan perusahaan asuransi Allianz. Selain itu, perlindungan hukum preventif juga disediakan, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang 34 tahun 1964, dengan memberikan kompensasi untuk apa yang terjadi setelah kecelakaan mulai dari cedera fisik, cacat fisik, dan kematian. Namun, layanan jasa Raharja telah membatasi jenis kecelakaan yang dijamin, dan pembatasan ini mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 1965. Ketika klaim untuk kompensasi ditolak, pelanggan memiliki hak mereka untuk perlindungan represif melalui litigasi, tetapi Undang-Undang Nomor 33 Tahun 1964 tidak tidak memberikan perlindungan preventif atau represif karena Go-Jek tidak dikategorikan sebagai transportasi umum Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Ojek berbasis Aplikasi, Pengangkutan, Dana Pertanggungan ABSTRACT This study is aimed to discuss legal protection provided for Go-Jek passengers over accident experienced by the passengers during their journey according to social insurance and the third party insurance provided by applicators. There have been issues where passengers are not provided with compensation over accident that they may have since no law regulates the operation of Go-Jek because it is not categorised as public transport. Therefore, this research is addressed to answering what sort of legal protection should be given to the application-based Go-Jek service users over accident occurring during the journey. Normative juridical method was employed along with statute and case approaches. The legal materials were obtained from literature review and the Internet, followed by an analysis based on grammatical and systematic interpretations. The research discussion leads to the conclusion where compensation over accident that may be experienced by the passengers is provided by Go-Jek in partnership with Allianz insurance company. Moreover, preventive legal protection is also provided, as regulated in Act 34 of 1964, by providing compensation for what follows the accident ranging from physical injury, physical defect, and death. However, jasa Raharja service has restricted the types of accident assured, and this restriction referred to Government Regulation Number 18 of 1965. When claim for the compensation is rejected, customers have their right to repressive protection through litigation, but Act Number 33 of 1964 does not provide either preventive or repressive protection since Go-Jek is not categorised as public transport. Keywords : Legal Protection, Application-based Ojek, Transportation, Insurance Funds