PERLINDUNGAN HUKUM HAK CIPTA VIDEO GAME TERHADAP SOFTWARE PENJEBOL LUCKY PATCHER (Analisis berdasarkan pasal 8 & pasal 52 Undang – Undang No.28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta)

Main Author: Aldrian, Josep Friedrich
Format: Article eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum , 2018
Online Access: http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/3028
Daftar Isi:
  • Josep Friedrich Aldrian, M.Zairul Alam S.H., M.H, Diah Pawestri Maharani S.H., M.H Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Email : Josepfriedrich29@yahoo.com ABSTRAK Video game merupakan suatu ciptaan yang didalamnya terdapat sistem keamanan atau sering disebut sarana kontrol teknologi yang bertujuan untuk melindungi Video game tersebut. Aplikasi Hacking In-app purchase hadir dan masih sangat marak sekali beredar di dunia internet saat ini, ini disebabkan karena belum jelasnya pemberian dan pelaksanaan Perlindungan hukum didalam Undang-Undang No.28 Tahun 2014 tentang hak cipta, yang disebabkan terdapatnya kekaburuan maksud dari menimbulkan suatu permasalahan. Pasal 8 Undang-Undang No.28 Tahun 2014 ini menjelaskan bahwa hak ekonomi merupakan hak eksklusif pencipta atau pemegang hak cipta untuk mendapatkan hak ekonomi atas ciptaan, namun dapat dilihat bahwa pemberian perlindungan terhadap Video game belum terlihat nyata, apalagi terdapat kata dan unsur didalam pasal 52 yang masih multitafsir sehingga dapat dilihat kekaburan didalam pasal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normative dan menggunakan pendekatan perundang-undangan. Pengaturan terkait Perlindungan hukum terhadap Video gamed dimasa mendatang perlu memberikan perlindungan yang jelas dan tidak adanya perbedaan maksud dari pasal demi pasal yang bersangkutan. Kata Kunci: Perlindungan hukum, hak cipta, Video Game, software penjebolan ABSTRACT Video game is a creation in which there is a security system or often called a technological control means that aims to protect the video game. Applications Hacking In-app purchase is present and still very rampant circulating in the world of the internet today, this is due to the lack of clarity of the provision and implementation of legal protection in Law No.28 of 2014 about copyright, caused by the existence kekaburuan intent of raising a problems. Article 8 of Law No.28 of 2014 explains that economic rights are the exclusive right of the creator or copyright holder to obtain economic rights to the creation, but it can be seen that the provision of protection against the Video game has not been seen to be real, moreover there are words and elements in the article 52 that are still multitafsir so that can be seen blurring in the article. This research uses normative juridical method and using approach of legislation. Related arrangements Legal protection against future Video gamed needs to provide clear protection and the absence of different purposes from the relevant article by article. Keywords: Legal protection, copyright, Video Game, software landing