ANALISIS YURIDIS PENGATURAN PASSING OFF TERHADAP MEREK TERKENAL DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2016 TENTANG MEREK DAN INDIKASI GEOGRAFIS

Main Author: Musyarri, Fazal Akmal
Format: Article eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum , 2018
Online Access: http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/2890
Daftar Isi:
  • Fazal Akmal M., Afifah Kusumadara, S.H., LLM., SJD., M. Zairul Alam, S.H, M.H. Email : fazalakmalmusyarri.bu@gmail.com ABSTRAK Merek merupakan salah satu bentuk Hak Kekayaan Intelektual yang diperlukan guna kepentingan suatu usaha. Merek memiliki peranan yang besar dalam menunjang perkembangan suatu usaha. Selain sebagai media untuk promosi, merek juga memperlihatkan eksistensi dan reputasi suatu usaha. Terkhusus bagi Merek yang telah memiliki reputasi yang bagus akan masuk dalam kategori Merek Terkenal. Parameter Merek Terkenal di Indonesia dilihat dari seberapa masif promosi dan investasi yang dilakukan oleh pengusaha pemilik Merek serta negara-negara tempat suatu Merek telah didaftarkan dan jika perlu dapat dilakukan survey untuk mengetahui secara empiris reputasi suatu Merek. Namun perlindungan terhadap Merek Terkenal di Indonesia masih belum menunjukkan komitmen yang kuat. Hal ini diperlihatkan dari banyaknya kasus pelanggaran Merek yang bahkan telah mencapai tingkat terakhir di pengadilan dan putusannya telah berkekuatan hukum tetap. Namun fakta sosiologis tersebut belum diakomodasi secara penuh oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. Meskipun undang-undang tersebut merupakan norma baru yang mengatur mengenai Merek dan mencabut keberlakuan undang-undang sebelumnya yaitu Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek, namun pengaturan perlindungan pelanggaran Merek belum dilakukan secara maksimal. Perubahan dari undang-undang lama ke undang-undang baru tidak memperlihatkan perkembangan yang signifikan sehingga masih belum memberikan perlindungan yang optimal bagi pemilik Merek khususnya Merek Terkenal dari pelanggaran Merek. Pelanggaran Merek yang menjadi objek kajian penulis adalah Passing Off. Maka dalam penelitian ini, penulis berusaha menggali akomodasi pengaturan Passing Off terhadap Merek Terkenal dalam Undang-Undang Merek baru dan membandingkan dengan Undang-Undang Merek lama melalui penafsiran hakim dalam putusan. Selain itu juga membandingkan dengan negara yang telah melakukan perlindungan terhadap Hak Kekayaan Intelektual yang baik dan telah diakui oleh dunia. Kata kunci: Hak Merek, Merek Terkenal, Passing Off ABSTRACT The Trademarks is a form of intellectual property which are necessary to the interests of an undertaking. The Trademarks has a huge role in supporting the development of a business. In addition to a medium for a promotion, the Trademarks also showed the existence of and the reputation of a business. Especially for a Trademarks that has had a good reputation will fall into the category of famous Trademarks. The parameters of the famous Trademarks in Indonesia seen from how massive promotion and investments made by Trademarks owners as well as the countries where a Trademark has been registered, and if necessary may be conducted a survey to find out empirically the reputation of a Trademarks. However, the protection of famous Trademarks in Indonesia still has not shown a strong commitment. This is shown by the number of cases of violation of the Trademarks that has even reached the last level in the courts and an award has been measured. However the fact the sociological accommodated in full in Law Number 20 of 2016 on Trademarks and Geographical Indications. Although the legislation is the new norm governing the Trademarks and revokes the enforceability of previous legislation, namely Law Number 15 of 2001 on Trademarks, but the Trademarks infringement protection arrangements have not been made to the maximum. The change from the old law to the new laws do not exhibit significant development so that still does not provide optimum protection for Trademarks owners, in particular, the famous Trademarks of offense. Violation of the Trademarks that became the object of study is the author of Passing Off. So in this study, the authors attempted to dig out the accommodation arrangements are Passing Off against well-known Trademarks in the Trademarks new law and compare with the old Trademarks law through interpretation of the judges of the award. It also compares with the State which has committed the protection of intellectual property rights is good and has been recognized by the world. Keywords: Trademarks, Famous Brands, Passing Off