PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMEGANG HAK CIPTA PERMAINAN VIDEO ATAS TINDAKAN PEMBAJAKAN ONLINE (Kajian Berdasarkan Konsep Konvergensi Telematika dan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta)
Main Author: | Andini, Maria Paulina |
---|---|
Format: | Article eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum
, 2018
|
Online Access: |
http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/2874 |
Daftar Isi:
- Maria Paulina Andini, Afifah Kusumadara, SH., LLM.SJD., Diah Pawestri, SH., MH. Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya Email : andinimaria22@gmail.com ABSTRAK Permainan video merupakan obyek HKI yang dilindungi dengan perlindungan hukum Hak Cipta di Indonesia, tetapi masih terdapat banyak kasus pembajakan atas karya cipta permainan video. Seiring perkembangan teknologi, tindakan pembajakan berkembang salah satunya adalah metode pembajakan yang memanfaatkan jaringan internet atau disebut pembajakan online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perlindungan hukum terhadap Pemegang Hak Cipta permainan video atas tindakan pembajakan online dikaitkan dengan Konsep Konvergensi Telematika dan Undang – Undang Hak Cipta dan juga untuk mengetahui upaya hukum yang dapat ditempuh oleh Pemegang Hak Cipta permainan video terhadap tindakan pelaku pembajakan online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis normatif, dengan spesifikasi penelitian deksriptif analisis dan diintrepretasikan dengan metode intrepretasi gramatikal. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa upaya pencegahan terhadap pelangaran Hak Cipta dengan menutup atau menjadikan tidak dapat diaksesnya layanan sistem elektronik yang melanggar Hak Cipta dirasa belum cukup efektif. Sebab untuk menguraikan permasalahan yang disebabkan oleh terkonvergensinya teknologi, kuncinya terdapat pada komunikasi yang dilakukan oleh Pemerintah kepada masyarakat seputar aturan hukum yang berlaku sehingga akan dapat menimbulkan kesadaran hukum di tengah masyarakat. Oleh karena itu dibutuhkan peraturan khusus diluar peraturan konventional yang khususnya untuk melindungi hak eksklusif Pemegang Hak Cipta. Kata kunci: perlindungan hukum, pemegang hak cipta, permainan video, pembajakan online ABSTRACT Video games are an object of intellectual property right under the legal protection of Copyright in Indonesia. However, the case of video game piracy seems unstoppable, especially in the development of technology. This development opens wider access for people to pirate video games online from the Internet, commonly known as online piracy. This research is aimed to analyze the legal protection provided for video game copyright holders regarding online piracy, which is linked to the concept of convergence of telematics and Law of Copyright and to find out the legal measures taken by the copyright holders in response to online piracy. The normative juridical research method was involved, together with descriptive analysis and grammatical interpretation. The research result reveals that the measure taken to reduce the piracy by closing down electronic system services that steal copyrights does not work effectively. The vital key is not the closing down, but the communication held by the government with its societies about law that applies in order to raise the legal awareness among societies. Therefore, specific regulation needs to be set, apart from the conventional one, to protect exclusive rights of copyright holders. Keywords: legal protection, copyright holders, video games, online piracy