TANGGUNG JAWAB HUKUM PENERIT PRODUK FINTECH TERHADAP PENGGUNA T-Cash SEBAGAI APLIKASI BERBASIS MOBILE PAYMENT ATAS KEHILANGAN SALDO DALAM PEMBAYARAN ONLINE

Main Author: Wardhani, Selly Kusuma
Format: Article eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum , 2017
Online Access: http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/2627
Daftar Isi:
  • Selly Kusuma Wardhani, Yenni Eta Widyanti, S.H., M.H. , Dr.Reka Dewantara, S.H., M.H Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Email: sellykusuma11@gmail.com ABSTRAK Pengaturan tanggung jawab pelaku usaha fintech terhadap aplikasi berbasis mobile payment (salah satu contoh T-Cash) atas kehilangan saldo belum dapat kita temui peraturannya secara spesifik, namun hal tersebut dapat di interpretasikan menggunakan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Peraturan Bank Indonesia Nomor 16/1/PBI/ 2014 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Sistem Pembayaran dan menghubungkannya dengan salah satu prinsip tanggung jawab berdasarkan unsur kesalahan. Prinsip tanggung jawab ini dapat dituntukan karena terjadi kesalahan yang dilakukan oleh pelaku usaha, kesalahan tersebut berupa kelalaian yang mengakibatkan hilangnya saldo milik pengguna. Selain itu bila dilihat dari segi perjanjian, maka pelaku usaha dapat dimintai tanggung jawab berdasarkan wanprestasi, karena pelaku usaha tidak memenuhi prestasinya untuk menjaga keamanan simpanan dari pengguna selaku konsumen Kata Kunci : tanggung jawab, fintech, mobile payment ABSTRACT The regulation of the responsibility of fintech business actors on mobile payments based applications (one example of T-Cash) for loss of balance has not been able to meet specific regulations, but it can be interpreted by using Law Number 8 Year 1999 regarding Consumer Protection and Bank Regulation Indonesia No. 16/1 / PBI / 2014 on Consumer Protection in the Service Sector of Payment System and relates it to one of the principles of responsibility based on the element of error. This principle of responsibility can be deducted because of mistakes made by the business actor, the error is a negligence that resulted in the loss of the user's balance. In addition, when viewed from the terms of the agreement, the business actor can be held responsible based on default, because business actors do not fulfill their performance to maintain the security of savings from users as consumers Keywords: responsibility, fintech, mobile payment