EFEKTIVITAS PASAL 24 AYAT 2 TERKAIT OBJEK PAJAK REKLAME PERATURAN DAERAH KABUPATEN MOJOKERTO NOMOR 1 TAHUN 2011 TENTANG PAJAK DAERAH (Studi di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Mojokerto)

Main Author: Wardana, R. Oki Ilham; Fakultas Hukum Universitas Brawijaya
Format: Article eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum , 2017
Online Access: http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/2445
Daftar Isi:
  • R. Oki Ilham Wardana, Dr. Iwan Permadi, SH., MH., Agus Yulianto, SH., MH Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Jalan MT. Haryono No. 169, Malang 65145, Indonesia Telp: + 62-341-553898, Fax: +62-341-566505 Email : radenoki8@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui, mengidentifikasi dan menganalisis 1)bagaimana Efektivitas pelaksanaan Pasal 24 Ayat 2 Terkait Objek Pajak Reklame Peraturan Daerah Kabupaten Mojokerto Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah; 2)apa Hambatan dalam pelaksanaan Pasal 24 Ayat 2 Terkait Objek Pajak Reklame Peraturan Daerah Kabupaten Mojokerto Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah; 3) bagaimana solusi Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Mojokerto mengatasi hambatan dalam Pasal 24 Ayat 2 Terkait Objek Pajak Reklame Peraturan Daerah Kabupaten Mojokerto Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah. Penelitian Yurudis Empiris ini mengambil lokasi di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Mojokerto karena lembaga tersebut merupakan pelaksana dari program tersebut dengan pendekatan yuridis sosiologis dan populasi pegawai Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Mojoketo serta teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil wawancara dapat dijelaskan bahwa : 1) Efektivitas Pasal 24 Ayat 2 tersebut belum optimal karena terdapat penunggakan pembayaran & pemasangan reklame yang dilakukan oleh penyelenggara reklame; 2) hambatan dalam pelaksanaan tersebut penyelenggara reklame langsung memasang reklame tanpa mendaftar dan menunggak pembayaran pajak; solusi dari permsalahan tersebut harus diberi sanksi yang tegas yang memberikan efek jera bagi penyelenggara reklame. Kata Kunci : Efektivitas, Objek Pajak Reklame, Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Mojokerto ABSTRACT This research has a purpose to know, identify and analyze 1) how effectiveness of implementation of Article 24 Paragraph 2 Related Object of Reklame Tax of Regulation of Regency of Mojokerto Number 1 Year 2011 About Regional Taxes; 2) what Obstacles in the implementation of Article 24 Paragraph 2 Related Object Tax Reklame Regional Regulation Mojokerto Regency Number 1 Year 2011 About Regional Taxes; 3) how the solution of Mojokerto District Revenue Agency overcome obstacles in Article 24 Paragraph 2 Related Object Tax Reklame Regional Regulation Mojokerto Regency Number 1 Year 2011 About Local Taxes. This Empirical Jurisdiction Study takes place in the Regional Revenue Board of Mojokerto Regency because the institution is the implementer of the program with the sociological juridical approach and the employee population of the Mojoketo Regional Revenue Board as well as the purposive sampling technique. Based on the results of the interview can be explained that: 1) The effectiveness of Article 24 Paragraph 2 is not optimal because there are delinquent payments & installation of advertisements made by the advertisers; 2) obstacles in the implementation of the advertisers directly billboard advertisement without registering and delinquent tax payments; The solution of the problem must be strictly sanctioned which gives a deterrent effect to the advertiser. Keywords: Effectiveness, Object of advertisement tax, Income Board of Mojokerto regency