ANALISA PASAR BERSANGKUTAN DALAM PASAL 25 UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1999 TENTANG LARANGAN PRAKTEK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT TERKAIT PENYALAHGUNAAN POSISI DOMINAN
Main Author: | Surur, Iftitahus; Fakultas Hukum Universitas Brawijaya |
---|---|
Format: | Article eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum
, 2017
|
Online Access: |
http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/2312 |
Daftar Isi:
- Iftitahus Surur, Dr. Hanif Nur Widhiyanti S.H., M.Hum., Moch. Zairul Alam, S.H., M.H. Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Email: Iftitahussurur@gmail.com ABSTRAK Pasar bersangkutan adalah pasar yang berkaitan dengan jangkauan atau daerah pemasaran tertentu oleh pelaku usaha atas barang dan atau jasa yang sama atau sejenis atau substansi dari barang atau jasa tersebut. Pada umumnya, pelaku usaha yang memiliki posisi dominan tidaklah dilarang namun perilaku posisi dominan dapat menjadi awal terjadinya perilaku yang dilarang oleh Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999. Mengingat adanya dampak atau akibat yang diakibatkan dari perilaku pelaku usaha yang melakukan penyalahgunaan posisi dominan merugikan pelaku usaha lain. Untuk menentukan apakah pelaku usaha tersebut melakukan penyalahgunaan posisi dominan, maka penulis menarik 2 rumusan masalah. Pertama bagaimanakah dasar penentuan pasar bersangkutan dalam pasal 25 terkait penyalahgunaan posisi dominan?. Kedua bagaimanakah penerapan pasar bersangkutan dalam Pasal 25 terhadap ketiga putusan KPPU No. 06/KPPU-L/2004, Putusan KPPU No. 09/KPPU-L/2009, dan Putusan KPPU No. 14/KPPU-L/2015?. Jenis penelitian ini menggunakan yuridis normatif dengan menggunakan 2 pendekatan yaitu Statute Approach atau pendekatan perundang-undangan dan Case Approach atau pendekatan kasus. Sehingga dapat disimpulkan untuk penentuan pasar bersangkutan dalam Pasal 25 terdapat 3 indikator sebagai dasar penentuan pasar bersangkutan dalam Pasal 25 yaitu jangkauan atau daerah pemasaran suatu produk, substansi produk dan adanya pembagian pasar yaitu pasar geografis dan pasar produk. Kata Kunci: Pasar Bersangkutan, Posisi Dominan, Penyalahgunaan Posisi Dominan THE MARKET ANALYSIS CONTAINED IN ARTICLE 25 OF LAW NUMBER 5 YEAR 1999 CONCERNING PROHIBITION OF MONOPOLY PRACTICES AND UNFAIR BUSINESS COMPETITION RELATED TO ABUSE OF DOMINANT POSITION Iftitahus Surur, Dr. Hanif Nur Widhiyanti S.H., M.Hum., Moch. Zairul Alam, S.H., M.H. Faculty of Law Brawijaya University Email: Iftitahussurur@gmail.com ABSTRACT The relevant market is a market related to a particular range or area of marketing by a business actor of the same or similiar goods or services. In general, business actors having dominant positions are not prohibited but dominant position behavior may become the beginning of behavior that is prohibited by law number 5 year 1999. It is due to the detrimental impact or effect that is resulted from the behavior of business actors who abuse the dominant position to other business actors. To determine whether or not the business actor is abusing the dominant position, the auhors draw two research problem. First was what the basis for determining the relevant market in article 25 regarding abuse of dominant position was. Secondly, it was how the application of relevant market in article 25 to the three decisions of KPPU no. 06/KPPU-L/2004, KPPU no. 09/KPPU-L/2009, KPPU no. 14/KPPU-L/2015. This research used juridical normative method with statue and case approches. So that it can be concluded for the determination of the relevant market in article 25 that there are 2 indicators as the basis for determining the relevant market in article 25. Those are the range or area of marketing of a product, the substance of the product and the existence of the market division is the geographical market and the product market. Keywords: Relevan Market, dominant position, abuse of dominant position