PENGAWASAN TERHADAP PENYELENGGARAAN REKLAME OLEH TIM TEKNIS REKLAME BERDASARKAN PASAL 15 PERATURAN WALIKOTA KEDIRI NOMOR 7 TAHUN 2013 TENTANG PENYELENGGARAAN REKLAME (Studi di Badan Penanaman Modal Kota Kediri)
Main Author: | Haryani, Yolla Elok; Fakultas Hukum Universitas Brawijaya |
---|---|
Format: | Article eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum
, 2017
|
Online Access: |
http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/2241 |
Daftar Isi:
- Yolla Elok Haryani, Agus Yulianto, SH. MH, Lutfi Effendi, SH. M.Hum Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Email : yollahariani95@gmail.com ABSTRAK Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalah Pengawasan Terhadap Penyelenggaraan Reklame Oleh Tim Teknis Reklame Berdasarkan Pasal 15 Peraturan Walikota Kediri Nomor 7 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Reklame. Pilihan tema tersebut dilatar belakangi oleh banyaknya reklame yang terpasang di Kota Kediri tidak pada tempatnya, terutama jenis reklame insidentil. Selain itu terdapat reklame yang dipasang tidak sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Kediri. Dengan adanya pelanggaran terkait penyelenggaraan reklame tersebut maka peran dari Pemerintah Kota Kediri khususnya Tim Teknis Reklame sangat diperlukan agar menjadikan Kota Kediri menjadi Kota yang tertib dan indah. Berdasarkan hal tersebut diatas, penulis ingin mengetahui pengawasan terhadap penyelenggaraan reklame oleh tim teknis reklame berdasarkan Pasal 15 Peraturan Walikota Kediri Nomor 7 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Reklame, dan kendala serta solusi dalam melakukan pengawasan. Metode penelitian menggunakan metode yuridis empiris yaitu dengan meneliti mengenai penerapan hukum dalam masyarakat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengawasan terhadap penyelenggaraan reklame berdasarkan Pasal 15 Peraturan Walikota Kediri Nomor 7 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Reklame telah diterapkan namun pengawasan yang dilakukan oleh tim teknis reklame belum sepenuhnya optimal, terdapat beberapa kendala dalam melakukan pengawasan. Namun Tim Teknis Reklame telah melakukan beberapa upaya dalam melakukan pengawasan penyelenggaraan reklame secara optimal. Kata Kunci : Pengawasan, Tim Teknis Reklame ABSTRACT Yolla Elok Haryani, State Administratice Law, Faculty of Law Universitas Brawijaya, January 2017, SUPERVISION OF MANAGEMENT OF ADVERTISEMENT BY ADVERTISEMENT TECHNICAL TEAM UNDER ARTICLE 15 REGULATION OF THE MAYOR OF KEDIRI NUMBER 7 YEAR 2013 REGARDING THE MANAGEMENT OF ADVERTISEMENT (A STUDY IN THE INVESTMENT BOARD OF KEDIRI), Agus Yulianto, SH. MH, Lutfi Effendi, SH. M.Hum. The issue raised in this undergraduate thesis is the Supervision of the advertisement management by Technical Advertising Team Under Article 15 regulation of the mayor of Kediri No. 7 year 2013 on the Implementation of Advertising. This topic was chosen due to the number of billboards installed not in proper place in Kediri , especially that of incidental advertisement. In addition, there are billboards that were installed not in accordance with criteria established by the Government of Kediri. With the offenses on the management of advertisement, the role of the Government of Kediri particularly the Advertising Technical Team is indispensable for making the City of Kediri be orderly and beautiful. Consequently, the objective of this study is to find out the supervision of the management of the advertisement by the advertisement technical team by virtue of Article 15 Mayor of Kediri Regulation No. 7 year 2013 on the Implementation of Advertising, the constraints faced and solutions in monitoring. The research used juridical empirical method which was intended to examine the application of the law in society. The findings of the study show that the monitoring of the advertisement management pursuant to Article 15 Kediri Mayor Regulation No. 7 of 2013 on the Implementation of Advertising has been implemented but supervision carried out by the technical team of the billboard is not yet fully optimized because there are some obstacles in conducting surveillance. However, Technical Team Advertising has made several efforts in monitoring the implementation of optimal advertisement. Keywords: Monitoring, Advertising Technical Team