IMPLEMENTASI PASAL 115 PERATURAN DAERAH KABUPATEN TULUNGAGUNG NOMOR 16 TAHUN 2010 TENTANG PAJAK DAERAH TERHADAP WAJIB PAJAK YANG MENYAMPAIKAN SPTPD PAJAK HOTEL DENGAN TIDAK BENAR(Studi Di Dinaspendapatan Daerah Kabupatentulungagung)
Main Author: | Sidiq, Akbar; Fakultas Hukum Universitas Brawijaya |
---|---|
Format: | Article eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum
, 2017
|
Online Access: |
http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/2229 |
Daftar Isi:
- Akbar Sidiq, Agus Yulianto SH. MH., Dr. Tunggul Anshari SN, SH., MH. FakultasHukumUniversitasBrawijaya Email: Sidiqz_7@yahoo.com ABSTRAK Dalam Prakteknya, pemungutan pajak hotel tidaklah sesuai dengan apa yang diharapkan. Banyak kendala kendala yang dihadapi oleh Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Tulungagung. Salah satunya adalah wajib pajak hotel yang menyampaikan Surat Pemberitahuan Pajak Daerah (SPTPD) secara tidak bnar. Hal ini menyebabkan adanya kekurangan data pajak yang masuk ke dalam kas daerah. Sehingga menyebabkan kerugian pemasukan. Maka Perlu Dibahas Mengenai Implementasi Pasal 115 Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pajak Daerah Terhadap Wajib Pajak Yang Menyampaikan Sptpd Pajak Hotel Dengan Tidak Benar Di Dinas pendapatan Daerah Kabupaten tulungagung. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam kaitan Implementasi Pasal 115 Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pajak Daerah Terhadap Wajib Pajak Yang Menyampaikan SPTPD Dengan Tidak Benar tidak melakukan sesuai amanat Peraturan Daerah maupun Peraturan Bupati Nomor 31 Tahun 2012 tentang Pedoman Pemungutan Pajak Hotel. Dalam kaitan Hambatan Yang Dihadapi Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Dan Upaya Yang Dilakukan Dalam Menghadapi Hambatan Dalam Implementasi Pasal 115 Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pajak Daerah Teradap Wajib Pajak Yang Menyampaikan SPTPD Dengan Tidak Benar adalah masih kurangnya kesadaran masyarakat. Sehingga dalam prakteknya masih banyak kecurangan-kecurangan. Solusi yang dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap wajib pajak hotel secara berkala dan mendorong petugas pajak untuk berkompeten dalam bertugas untuk menghindari penyuapan yang dilakukan wajib pajak. Kata Kunci : Implementasi, Penyampaian SPTPD tidak benar. THE IMPLEMENTATION OF ARTICLE 115 OF TULUNGAGUNGREGENCY LOCAL REGULATION NO.16/2010 ABOUT LOCAL TAX AGAINST TAXPAYERS WHO SUBMIT THE INCORRECT HOTEL TAX SPTPD (Study at Local Income Official of Tulungagung Regency) Akbar Sidiq, Agus Yulianto SH, MH, Dr. Tunggul Anshari SN SH, MH Faculty of Law, Brawijaya University Email: Sidiqz_7@yahoo.com ABSTRACT The practice of collecting hotel tax was problematic. Local Income Official of Tulungagung Regency encountered some problems when it must collect hotel tax. The submission of the incorrect Local Tax Report (SPTPD) by hotel taxpayers was one of those problems. This problem potentially induced the lacking of tax data that must be converted into the local cash income. This problem also preceded the discussion about the implementation of Article 115 of Tulungagung Regency Local Regulation No.16/2010 about Local Tax Against Taxpayers Who Submit The Incorrect Hotel Tax SPTPD to Local Income Official. Based on the result of research, it was concluded that other legal bases had supported the implementation of Article 115 of Tulungagung Regency Local Regulation No.16/2010 about Local Tax Against Taxpayers Who Submit the Incorrect Hotel Tax SPTPD. These bases included the mandates provided by other relevant Local Regulationsand also by the Regent Decree No.31/2012 about the Manual of Hotel Tax Collection. The community, including taxpayers, was still ignorant about how important was the implementation of Article 115 of Tulungagung Regency Local Regulation No.16/2010 about Local Tax Against Taxpayers Who Submit the Incorrect Hotel Tax SPTPD. Such ignorance might have been irritating. The potentialities of fraud and deception during the practice of tax collection only exacerbated the problem. Research had given several suggestions. Hotel taxpayers must be subjected to periodic examination for their tax trustworthiness. Tax officers should be urged to be competent enough at work and be required to avoid bribery from taxpayers. Keywords: Implementation, Submit the Incorrect SPTPD