IMPLIKASI YURIDIS AGEN ASURANSI YANG MENERAPKAN SISTEM PEMASARAN MULTI TINGKAT TERHADAP PERJANJIAN KEAGENAN DENGAN PERUSAHAAN ASURANSI

Main Author: Sukma, Galang Adhe; Fakultas Hukum Universitas Brawijaya
Format: Article eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum , 2017
Online Access: http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/2196
Daftar Isi:
  • Galang Adhe Sukma, Dr. Bambang Winarno, SH., MS., Shanti Riskawati, SH., MKn.Fakultas Hukum Universitas Brawijayagalang.sukma20@gmail.comPerusahaan Asuransi mempunyai kerjasama dengan Agen Asuransi sebagai tenaga pemasar produk asuransinya. Beberapa dari Agen tersebut memasarkan produk Perusahaan Asuransi melalui sistem pemasaran multi tingkat (Multi-Level Marketing) tanpa sepengetahuan dari Perusahaan. Tetapi hal tersebut adalah sesuatu yang dilarang oleh Pasal 21 huruf (i) Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 32/M-DAG/PER/8/2008 tentang Penyelenggaraan Usaha Perdagangan dengan Sistem Penjualan Langsung dan melanggar ketentuan dari perjanjian keagenan yang dipakati oleh Perusahaan Asuransi yakni Agen Asuransi dalam usahanya dilarang untuk melanggar ketentuan norma dan perundang-undangan. Pelanggaran terhadap ketentuan dalam perjanjian keagenan dikategorikan sebagai perbuatan wanprestasi. Masalah tersebut tentu menimbulkan konsekuensi hukum terhadap perjanjian keagenan yang telah disepakati. Perusahaan mempunyai hak untuk membatalkan perjanjian yang dibuatnya, karena di dalamnya tercantum klausula yang menyatakan bahwa perjanjian tersebut dapat dibatalkan sepihak oleh Perusahaan. Namun, sesuai dengan Pasal 1266 KUH Perdata, Perusahaan tetap wajib memohonkan pembatalan perjanjian kepada Pengadilan.Kata Kunci : Multi-Level Marketing, Wanprestasi, Perjanjian Keagenan JURIDICAL IMPLICATIONS OF INSURANCE AGENT WHO APPLIES MULTI-LEVEL MARKETING TOWARD AN AGENCY AGREEMENT WITH THE INSURANCE COMPANYGalang Adhe Sukma, Dr. Bambang Winarno, SH., MS., Shanti Riskawati, SH., MKn.Faculty of Law, Brawijaya Universitygalang.sukma20@gmail.comInsurance Companies has a cooperation agreement with the Insurance Agents as marketers of insurance products. Some of these agents, market their insurance products through a multi-level marketing system unbeknownst of the Company. However, that is something prohibited by Article 21 letter (i) Regulation of the Minister of Trade No. 32/M-DAG/PER/8/2008 on the Implementation of The Trade Business with Direct Selling System and violating the provisions of the agency agreement as agreed by the insurance company that is Insurance Agents in its efforts prohibited for violating the provisions of the norms and laws. Any violation of the provisions of the agency agreement is classified as a default. That problem certainly raises the legal consequences for the the agency agreement has been agreed. The Company has the right to annul the agreement they made, because it contained of a clause which states that the agreement can be annulled unilaterally by the Company. However, in accordance with Article 1266 of the Civil Code, the Company remains obliged to invoke the annullment of the agreement to the court.Keywords : Multi-Level Marketing, Default, Agency Agreements