PERTIMBANGAN YURIDIS BANK DALAM MENENTUKAN CARA PENANGANAN KREDIT BERMASALAH DENGAN AGUNAN HAK TANGGUNGAN (Studi di Bank Danamon cabang Pasar Berbek Kabupaten Nganjuk)
Main Author: | Yuwantono, Ryu Avin; Fakultas Hukum Universitas Brawijaya |
---|---|
Format: | Article eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum
, 2016
|
Online Access: |
http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/2194 |
Daftar Isi:
- Ryu Avin Yuwantono, Siti Hamidah, S.H.,M.M., Dr. Reka Dewantara, S.H.M.H. Fakultas Hukum Universitas Brawijaya E-mail: Ryu.avin383@gmail.com ABSTRAKSI Penyelesaian kredit bermasalah dengan agunan hak tanggungan pada bank Danamon selaku kreditor terhadap nasabah yang sedang mengalami kredit bermasalah. Penyelesaian kredit bermasalah tersebut terbagi menjadi 2 (dua) yaitu penanganan kredit bermasalah dan penyelesaian kredit yang sudah sampai pada tahap macet. Penanganan kredit bermasalah berupa penyelamatan kredit tidak diberikan kepada nasabah “N” yang telah mengalami kedit bermasalah di tahun pertama kredit. Pada tahap penyelesaian kredit macet terhadap nasabah , tidak diselesaikan secara win win sollution (eksekusi jaminan melalui penjualan dibawah tangan atas kesepakatan kedua belah pihak). Nasabah “N” sebagai pemilik jaminan telah merasa dirugikan karena eksekusi lelang yang dilakukan oleh bank Danamon terjual rendah dari harga pasaran secara umum, yaitu sebesar Rp.96.050.000,-.Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan pendekatan yuridis sosiologis. Lokasi penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah di bank Danamon Simpan Pinjam cabang pasar Berbek Kabupaten Nganjuk, dengan teknik purposive sample yang akan digunakan adalah Manajer cabang dan karyawan bank Danamon, serta salah satu nasabah berinisial Nanik yang pernah mengalami kredit macet di tahun pertama. Data Primer dan sekunder yang diperoleh akan dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Permasalahan yang diangkat adalah faktor-faktor yang menjadi pertimbangan yuridis bank dalam menentukan penanganan kredit bermasalah di Bank Danamon cabang pasar berbek kabupaten Nganjuk. Kendala yang dihadapi bank dalam menentukan pilihan penanganan kredit bermasalah di bank Danamon. Bank Danamon dalam melakukan pelaksanaan penanganan kredit dengan nasabah hendaklah lebih mengutamakan win win sollution dan memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada nasabah untuk mencari pembeli sendiri atas jaminan miliknya yang dijaminkan kepada bank, hal ini bertujuan agar dapat meminimalisir kerugian di antara kedua belah pihak yaitu bank dan nasabah. Kata Kunci: Penanganan Kredit bermasalah, Agunan Hak Tanggungan, eksekusi lelang dengan harga jual yang rendah. ABSTRACT The completion of non-performing loans with collateral land mortgage on the Danamon bank as a creditor to customers who are experience a loan defaults. The completion of loan defaults is devided into 2 (two) phase that is handling loan defaults and settlement of credit has to disturbance phase. Loan defaults handle as credit rescue has not given to customers are experiencing loan of defaults on first year credit. There was settlement non-performing loan phase, doesn’t exist method to win win sollution for (execution secured guarantee through disposal underhand method). As the owner of security customers are loss for the auction carried out by Danamon bank has sold with lower prices on general market price, that is Rp.96.050.000,-.The research used empirical legal research with the juridical sociological approach. The location of this research was in Danamon bank Simpan Pinjam the branch Berbek market district Nganjuk , with purposive sample technique will be used bank credit Danamon Berbek market district Nganjuk division and customers who experience loan defaults which in this thesis used Nanik initials. Primary and secondary data have been obtained will be analyzed with a methods of descriptive qualitative.The problem that raised is factors have become obstacles in the legal protection to customers for handling loan defaults in the Danamon bank branch of Berbek market district Nganjuk, and efforts have been conducted bank to overcome obstacles in legal protection to customer resolution on loan defaults in the Danamon bank. Danamon bank should give a chance to customers to looked for a buyer on independent by written notice. Besides, customers should always be tried to good faith in communicate with a bank, it is a purpose will be happen the complete of credit through win win sollution . Keywords: Settlement of non-performing loans, Collateral of Land Mortgage, the execute of auction by lower selling prices.