PENGAWASAN OMBUDSMAN TERHADAP PENYELENGGARAAN PELAYANAN PERIZINAN (Studi di Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Timur)
Main Author: | Mayanti, Sherly Putri; Fakultas Hukum Universitas Brawijaya |
---|---|
Format: | Article eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum
, 2016
|
Online Access: |
http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/1901 |
Daftar Isi:
- SHERLY PUTRI MAYANTI , Agus Yulianto, S.H., M.H, Lutfi Effendi, S.H., M.Hum. Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Email : sherlyputrimayanti@gmail.com ABSTRAK Kinerja pemerintah dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik dapat dinilai dari kemampuan melaksanakan peraturan perundang-undangan dan penyelenggaraan pelayanan publik. Pasca terjadinya otonomi daerah, banyak terjadi kasus maladminitrasi, khususnya dalam penyelenggaraan pelayanan perizinan. Dengan adanya hal tersebut, diperlukanlah lembaga pengawas untuk mengawasi pelayanan publik yaitu Ombudsman. Ombudsman dalam fungsinya melakukan pengawasan pelayanan publik, menerima laporan dan keluhan, menindaklanjuti serta melakukan insvestigasi. Ombudsman Perwakilan Jawa Timur banyak mendapatkan laporan dalam penyelenggaraan perizinan. Selain melakukan pengawasan melalui laporan dari masyarakat, Ombudsman Perwakilan Jawa Timur juga melakukan investigasi atas inisiatif sendiri pada penyelenggaraan pelayanan perizinan. Kata Kunci : Pengawasan, Ombudsman, Perizinan, Pelayanan Publik.