HAMBATAN BANK DALAM PENYEDIAAN AKSESIBILITAS BAGI PENYANDANG DISABILITAS SEBAGAI NASABAH TABUNGAN PERBANKAN (Studi di Bank BRI dan Mandiri Kota Malang)
Main Author: | Kasih S.M, Silvia Valetta; Fakultas Hukum Universitas Brawijaya |
---|---|
Format: | Article eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum
, 2016
|
Online Access: |
http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/1686 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang dilatarbelakangi oleh sulitnya penyandang disabilitas dalam mengakses jasa layanan perbankan dimana hak-hak penyandang disabilitas sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1997 tentang Penyandang Cacat, Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2011 tentang Konvensi mengenai Hak-hak Penyandang Disabilitas, Undang-Undang Nomor 25 Tahun 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1 Tahun 2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan menyebutkan bahwa pelaku usaha jasa keuangan wajib menyediakan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. Namun hak-hak yang diatur dalam Undang-Undang tersebut tidak didapatkan nasabah penyandang disabilitas dalam praktiknya di dunia perbankan. Penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris dan pendekatan yuridis sosiologis, pengumpulan populasi dan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, serta berdasarkan data primer dan sekunder yang dikaitkan dengan hukum yang ada di Indonesia. Perlu adanya pengaturan yang tegas dalam perlindungan terhadap hak hak penyandang disabilitas terhadap layanan perbankan.Kata Kunci: Hambatan Bank, Aksesibilitas Penyandang Disabilitas, Nasabah Tabungan Perbankan