STRATEGI STASIUN TELEVISI EDUCASAUN TIMOR DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA TIMOR-LESTE

Main Author: ZULMIRA, DOS REIS DE DEUS
Format: Research NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.apmd.ac.id/967/1/SKRIPSI%20ZULMIRA%20DOS%20REIS%20DE%20DEUS.pdf
http://repo.apmd.ac.id/967/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kekayaan pariwisata yang disediakan alam maupun hasil modifikasi yang dimiliki oleh negara Timor Leste merupakan satu konsep pembangunan yang bertumpu pada keanekaragaman, keunikan, dan kekhasan bangsa Timor Leste. Promosi pariwisata dapat dilakukan oleh media seperti surat kabar, surat cetak, kabar online, radio, televisi lokal dan lain sebagainya. Promosi pariwisata yang ada di Timor Leste dapat memanfaatkan strategi dan fungsi TV lokal. Satusatunya TV-ET sebagai TV lokal yang dimiliki oleh negara Timor Leste. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi TV-ET dalam mempromosikan pariwisata di Timor Leste serta mengetahui dampak dari promosi pariwisata terhadap peningkatan wisatawan di Timor Leste. Pendekatan yang digunakan dalam mengkaji permasalahan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan informent menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini antara lain: Kepala Bidang Promosi TV-ET, dan staf-staf bagian produksi manajemn pemasaran. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan dalam penilitian ini yaitu bahwa 1) TV-ET telah melaksanakan strateginya sebagai media promosi wisata daerah melalui program Retratu Turismo dan Retratu Cultura. 2) Program yang telah disiarkan di TV-ET memberikan pengaruh terhadap peningkatan wisatawan lokal maupun asing. Kata kunci: Pariwisata, TV lokal, Promosi, TV-ET.