ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PENCALONAN PRESIDEN JOKO WIDODO DI MEDIA ONLINE
Main Author: | GALIH LUTHFIANTO, GALIH |
---|---|
Format: | Research NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.apmd.ac.id/640/1/Skripsi%20Galih%20Luthfianto%20%2816530031%29.pdf http://repo.apmd.ac.id/640/ |
Daftar Isi:
- Media online memiliki banyak kelebihan dalam menyampaikan berita kepada khalayak, salah satunya adalah kecepatan berita yang jauh daripada media konvesional seperti surat kabar. Pemberitaan di media online di pengaruhi oleh ideologi dan ekonomi politik media yang terlihat dari framing berita yang di lakukan oleh media. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah framing yang dilakukan media online Kompas.com dan Republika.co.id dalam memberitakan pencalonan Presiden Joko Widodo pada Pemilu 2019 pada periode Mei – Agustus 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode analisis framing model Pan dan Kosicki. Adapun data dari penelitian ini bersumber dari 37 artikel berita dari Kompas.com dan juga Republika.co.id. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana framing pemberitaan yang di lakukan oleh media dalam menyampaikan sebuah peristiwa dan untuk mendapatkan gambaran sampai sejauh mana pengaruh ideology dan politik ekonomi media terhadap upaya untuk mendekati objektivitas dan posisi netral dalam pemberitaan. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruksionis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil framing pemberitaan tentang pencalonan