STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BATIK KAYU BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DUSUN KREBET
Main Author: | SANTI SAFITRI PUTRI, SANTI |
---|---|
Format: | Research NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.apmd.ac.id/508/1/SKRIPSI%20SANTI%20SAFITRI%202.pdf http://repo.apmd.ac.id/508/ |
Daftar Isi:
- Strategi komunikasi pemasaran adalah hasil prestasi kerja kegiatan usaha yang berkaitan dengan mengalirnya barang dan jasa dari produsen sampai ke konsumen. Dalam hal ini banyak keputusan strategi komunikasi pemasaran yang harus dibuat jauh sebelum produk itu dihasilkan, seperti keputusan mengenai produk yang dibuat, pasarnya, harga dan promosinya. Begitu pula pemberdayaan masyarakat merupakan proses penyadaran masyarakat yang bertujuan untuk menangani berbagai persoalan hidup supaya tercapai taraf ekonomi yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses strategi komunikasi pemasaran batik kayu berbasis pemberdayaan di Dusun Krebet dengan mengambil subyek penelitian seperti Sanggar Peni, Sanggar Punokawan, Sanggar YuanArt. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang terdiri dari observasi serta hasil wawancara. Dan dimana narasumber terdiri dari pemilik sanggar kemudian pengrajin batik kayu yang bekerja di masing-masing sanggar atau tempat yang penulis lakukan penelitian. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi pemasaran batik kayu dengan berbasis pemberdayaan masyarakat ini adanya pengembangan keterampilan/skill, bentuk pemasaran produk dengan menggunakan media sosial, proses peningkatan taraf ekonomi. Kata Kunci : Strategi, Komunikasi, Pemasaran, Pemberdayaan, Sanggar , Dusun Krebet