PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI OLIVINE CAFE

Main Author: ALFONSIUS, INDRAWAN SYUKUR
Format: Research NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repo.apmd.ac.id/1538/1/ALFONSIUS%20INDRAWAN%20SYUKUR%2016530023.pdf
http://repo.apmd.ac.id/1538/
Daftar Isi:
  • Kemajuan teknologi yang semakin hari semakin pesat menjadikan segala pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih muda dengan bantuan hasil perkembangan teknologi tersebut, salah satu dampak dari kemajuan teknologi itu ialah terciptanya media sosial yang dapat membuat semua orang bisa saling berinteraksi dengan cepat meskipun berada di tempat yang jauh. Melihat dampak yang baik dari kemajuan teknologi tersbut, Olivne Cafe memanfaatkan kelebihan media sosial untuk melakukan promosi terhadap menu-menu yang disediakan maupun kegiatan-kegiatan yang berlangsung di Olivine Cafe, media sosial yang dipih pihak Olivine Cafe ialah instagram karena menurut pihak cafe instagram merupakan media sosial yang sangat populer dikalangan masyarakat untuk saat ini, bahkan menjadikan media sosial instagram menjadi sebuah trend yang beredar dimasyarakat. Olivine Cafe sangat bergantung pada media sosial instagram untuk mencapai tujuan promosi yang mereka lakukan, maka dari itu peneliti menentukan tujuan penelitian pada penulisan skripsi yang dilakukan peneliti berupa penggunaan media sosial instagram oleh Olivine Cafe untuk melakukan promosi kepada masyarakat terkait menu-menu yang disediakan cafe dan kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh pihak Olivine Cafe, selain itu tujuan lainnya ialah untuk mengetahui respon yang diberikan oleh konsumen terhadap Olivine Cafe sebagai pihak yang memanfaatkan instagram sebagai media promosi. Dalam penulisan ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan beberapa tehnik perolehan data untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, diantaranya ialah observasi berupa pengamatan terhadap objek yang diteliti, yang berikut ada metode wawancara dengan purposive sampling, dimana peniliti melakukan sesi tanya jawab terhadap mas Dito selaku pemilik, admin instagram Olivine Cafe yaitu Eko dab beberapa pengunjung yang hadir seperti Mala,Tika, dan Adrian, pemilihan informasn ini dipilih berdasarkan arahan dari waiter Olivine Cafe karena dianggap menjadi pengunjung yang sering mendatangi cafe, dan metode yang terakir ialah dokumentasi yang merupakan kumpulan foto yang ada pada akun instagram Olivine Cafe. Setelah melakulkan penelitian, peneliti menemuka bahwa pihak Olivine Cafe telah melakukan kegiatan promosi menggunakan instagram dengan baik dengan memanfaatkan beberapa kelebihan media sosial tersebut dan memanfaatkan beberapa fitur yang tersedia didalamnya, Olivine Cafe juga mendapat respon baik dan membangun yang dikemukakan konsumen dalam sesi wawancara yang dilakukan peneliti.